DPRD KABUATEN MERANTI KUNJUNGAN KERJA KE JOGJA

Sejumlah anggota DPRD Kabupaten Meranti Kepulauan Riau mengadakan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Yogyakarta, kunjungan diterima oleh Staf Ahli Walikota Bidang Administrasi Umum Drs Tri Widayanto di Ruang Sadewa Balaikota, Selasa (19/5)

Pimpinan Rombongan, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Meranti Muzamil menjelaskan, kunjungan kerja ini  dalam rangka belajar dan mencari masukan tentang pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian di Kota Yogyakarta, sebagai daerah yang baru berkembang di Kabupaten Meranti ada wacana untuk mengelola kepegawaian secara online.

“Sebagai daerah pemekaran Kabupaten Meranti membutuhkan banyak pegawai baru dan kami ingin belajar ke Jogjakarta ini untuk mengelola manajemen kepegawaiannya secara online terkait penerimaan pegawi, kenaikan pangkat, pensiun pegawai dan mutasi pegawai” kata Muzamil.

Ditambahkan oleh Muzamil, sebagai lembaga kontrol, DPRD Kabupaten Meranti juga ingin megetahui lebih banyak tentang aplikasi manajemen kepegawaian ini secara online sehingga dalam pelaksanaannya nanti bisa lebih mengena baik manfaat maupun penganggarannya.

Sementara itu, Staf Ahli Walikota Bidang Administrasi Umum, Drs Tri Widayanto menjelaskan, pelaksanaan e-Gov di Pemkot Yogyakarta sudah dilaksanakan sejak tahun 2013, dimulai dengan diluncurkannya Website Pemkot Yogyakarta. Setelah itu dikembangkan berbagai sistem informasi sesuai kebutuhan masing-masing instansi melalui Bagian Teknologi Informasi dan Telematika.

“Untuk mengelola data pegawai  kami membuat Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian atau SIMPEG dengan leading sector Badan Kepegawaian Daerah dibantu para operator di masing-masing intansi” Kata Tri Widayanto.

Ditambahkan, Pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen Kepegawian pada saat ini dioperasikan berbasis website sehingga manakala ada masalah dengan komputer tetap bisa dijalankan melalui komputer lainnya.

Walaupun sudah berbasis komputer, pengelolaan data-data kepegawaian di Kota Yogyakarta tetap dilaksanakan juga  secara manual karena merupakan data yang sangat penting. (hg)