Kelurahan Brontokusuman Maju Tingkat Nasional Dalam Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat 2015

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengaku optimis Kelurahan Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta dapat menjadi  Juara Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) Tingkat Nasional Tahun 2015.

Keberhasilan Kelurahan Brontokusuman dalam Lomba LBS tingkat nasional menurutnya tidak terlepas dari kekompakan yang dimiliki pengurus RT, RW dan masyarakat setempat serta Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dalam menjaga dan memelihara kebersihan dan kesehatan lingkungan.

“Tanpa didukung masyarakat upaya mejaga kebersihan dan kesehatan lingkungan tidak akan berhasil. Kekompakan dan kerja sama tersebut merupakan poin penting yang dimiliki Kelurahan Brontokusuman” tandas Haryadi

Ia berharap Kelurahan Brontokusuman dapat menjadi Juara LBS tingkat nasional, sehingga dapat memotivasi kelurahan/wilayah lain agar dapat mengikuti langkah dari Kelurahan Brontokusuman dan dapat memotivasi masyarakat agar menciptakan pola hidup bersih dan sehat.

“Budaya hidup bersih dan sehat tersebut diharapkan dapat tertanam dalam diri masyarakat Kota Yogya sehingga menciptakan keluarga yang sehat dan sejahtera” katanya.

Sementara itu  Ketua Tim Penilai Pusat, Ratna Farida mengatakan jika lomba LBS merupakan kegiatan rutin tahunan yang salah satu tujuannya untuk mewujudkan keluarga yang sehat sejahtera dan mandiri.

Ia menjelaskan Kelurahan Brontokusuman dapat masuk sebagai nominasi utama dalam Lomba LBS, karena di Kelurahan tersebut memiliki beberapa indikator unggulan antara lain, di pemukiman warga masyarakat, lingkungannya tertata dengan baik dan rapi.

“Indikator tersebut diantaranya, rumah sehat dengan bebeberapa fasilitas yang ada seperti air bersih, jamban keluarga, pengelolaan sampah, pengolahan air limbah, kualitas jalan lingkungan dan penataan pekarangan yang bersih dan rapi, penghijauan dan pemanfaatan pekarangan, serta adanya indikator bebas dari jentik nyamuk” Katanya saat di temui di kantor Kecamatan Mergangsan, Selasa (5/5)

Ia berharap melalui kegatan tersebut dapat memberikan kontribusi dalam program pemberdayaan kesejahteraan keluarga khususnya di Kota Yogya.  (Han)