Hari Kedua UN, Walikota Kunjungi SMPN 10 Yogyakarta

Guna memastikan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTS berjalan dengan baik, Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti di dampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogya Edi Hery Suasana melakukan peninjauan lansung pelaksanaan UN tersebut di SMP Negeri 10 Yogyakarta.

Dalam kunjungan tersebut proses ujian berjalan dengan baik dan tidak ada kekurangan lembar soal maupun lembar jawaban.

“Kami melakukan kunjungan ke beberapa sekolah untuk melihat secara langsung pelaksanaan UN dan semua sekolah tidak ada yang mengalami kendala di hari kedua pelaksanaan UN,” tandas Haryadi di sela sela pantauannya, Selasa (5/5).

Ia berpesan agar siswa dapat mengerjakan soal dengan percaya diri dan tidak percaya pada bocoran jawaban UN.

"Anak-anak harus konsentrasi mengerjakan soal untuk mendapatkan hasil terbaik, harus percaya diri, jangan percaya dengan bocoran jawaban, dan tidak lupa untuk berdoa agar kalian dapat mengisi jawaban dengan lancar," Katanya di sela-sela pantauannya.

Sementara itu Edi Heri Suasana mengatakan total terdapat 66 sekolah penyelenggara UN jenjang SMP/MTs dengan jumlah 8.016 siswa. “Dari jumlah tersebut hanya 2 siswa yang mengundurkan diri. Keduanya pun berasal dari sekolah swasta dan sudah dituangkan dalam surat pernyataan bermaterai” katanya.

Pihaknya menargetkan kelulusan 100 persen. Seluruh logistik baik soal dan perlengkapannya menurutnya telah didistribusikan ke seluruh SMP dengan lancar dan aman.

Kepala Sekolah SMP Negeri 10 Yogyakarta Niken Sasanti menjelaskan total siswanya yang mengikuti UN mencapai 166 siswa. Sebanyak 58 siswa di antaranya berasal dari keluarga pemegang KMS.

Ia berharap agar murid-muridnya bisa mengerjakan soal UN tersebut dengan baik dan mendapatkan nilai yang maksimal.(Han)