Otonomi Berikan Peluang Tingkatkan Daya Saing Tiap Daerah

Pemerintah Kota Yogyakarta melaksanakan upacara dalam rangka Hari Otonomi Daerah XIX Tahun 2015, Senin (27/4) di Halaman Balaikota Yogyakarta. Bertindak selaku pembina upacara Asisten Pemerintahan Kota Yogyakarta, Ahmad Fahdli. Dalam kesempatan itu pembina upacara membacakan sambutan dari Mendagri RI.

Dalam sambutannya Mendagri RI Tjahjo Kumolo mengatakan momentum regionalisasi yang ditandai dengan kebijakan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) memberikan peluang bagi setiap  daerah untuk meningkatkan daya saing. Dimana otonomi daerah menjadi faktor penguat bagi setiap daerah khususnya dalam mendorong keluarnya arus barang dan jasa dari daerah untuk bersaing di kancah regional Asia Tenggara.

Disamping itu meningkatknya perekonomian masyarakat di daerah pada gilirannya mengurangi kemiskinan, meningkatkan kualitas kesehatan dan pendidikan, mendorong penciptaan lapangan pekerjaan, menjaga kelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup, mewujudkan kerukunan antar suku dan agama serta meminimalisir berbagai pengaruh-pengaruh dari dalam dan luar negeri yang memunculkan tindakan-tindakan radikalisme serta mengancam keamanan nasional, regional dan global.

“Kebijakan otonomi daerah ke depan juga menghadapi berbagai tantangan dan tuntutan. Di tengah-tengah kemajemukan di tingkat lokal, regional dan nasional otonomi daerah dituntut untuk menumbuhkan kemandirian penyelenggaraan tata kelola pemerintahan daerah,” ujarnya.

Dalam upacara tersebut diumumkan bahwa Pemerintah Kota Yogyakarta mendapatkan penghargaan dari Menteri Dalam Negeri atas prestasinya  sebagai Pemerintah Daerah yang berprestasi dengan kinerja terbaik secara nasional hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) untuk kategori Pemerintah Kota yang diselenggarakan oleh Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Dengan adanya penghargaan itu diharapkan dapat menjaga dan terus meningkatkan kinerja terutama peningkatan terhadapat pelayanan kepada masyarakat yang berada di Kota Yogyakarta. Penghargaan tersebut tidak lepas dari hasil kerja keras dan kerja sama SKPD dan warga Kota Yogyakarta kepada Pemerintah KotaYogyakarta. (Ag)