WALIKOTA YOGYAKARTA  BUKA RAKORNAS PKBSI

Rapat Koordinasi Perhimpunan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI)  tahun 2012 dilaksanakan di Yogyakarta. Rakornas yang dihadiri oleh Seluruh Pengurus dan Anggota PKBSI, Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA), Ir. Darori, MM. Ketua Dewan Penasehat  PKBSI, Letjen (Purn.) Kiki Syanakri, serta para memerhati  satwa ini  dibuka secara resmi oleh Walikota Yogyakarta H. Haryadi Suyuti  di Jogjakarta Plaza Hotel, jl. Afandi kompleks Kolombo Yogyakarta, (14/09/2012).

 

Ketua Panitia PKBSI 2012, Suharti, A.Md. menjelaskan  Rakornas ini berlangsung dari 13-16 September 2012, dan diikuti oleh 110 peserta dari 49 utusan  anggota dan calon anggota PKBSI. Dr. H. Rachmat Syah Ketua PKBSI mengatakan sebagian kebun binatang  yang tergabung PKBSI telah mengalami perkembangan yang baik. Meskipun demikian  para pengelolah juga masih  menghadapi tantangan di dalam pengelolaan.

 

 Sementara itu,  Ketua Dewan Penasehat PKBSI, Letjen (Purn.) Kiki Syanakri mengatakan  bahwa kemajuan yang dicapai oleh Pengurus PKBSI cukup banyak selama ini, namun Sanakri berharap para pengelolah berusaha lebih keras lagi untuk meningkatkan pengelolaanya.

 

Walikota Yogyakarta H. Haryadi Suyuti dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Kota Yogyakarta sangat mendukung usaha untuk melestarikan lingkungan. Hal ini menurut Walikota sejalan dengan Visi dan Misi Pemerintah Kota Yogyakarta  yakni Terwujudnya Kota Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan yang berkualitas, Pariwisata yang berbudaya, pertumbuhan dan pelayanan jasa yang prima, ramah lingkungan serta masyarakat madani yang dijiwai semangat Mangayu Hayuning Bawana. Perhatian Pemerintah juga dituangkan dalam Misi Pemerintah kota Yogyakarta butir ke empat yakni  Menjadikan dan mewujudkan masyarakat yang menyadari arti pentingnya kelestarian lingkungan yang dijiwai semangat ikut memiliki atau handarbeni.

 

Walikota Yogyakarta juga merasa diuntungkan dengan keberadaan Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta yang dibangun diatas lahan seluas 4,5 hektar.  Walikota menambahkan areal Kebun Binatang Gembira Loka ini memberikan kontribusi nyata bagi lingkungan dan dijadikan sebagai hutan kota. “ Saya berterima kasih kepada Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta yang merelakan sekitar 4,5 hektar arealnya untuk dikelolah sebagai hutan kota. Dan terbukti memberikan kontribusi  terhadap penilaian Adipura serta  mampu menghantarkan Kota Yogyakarta mendapat penghargaan Adipura lima,” ujar Haryadi Suyuti.

 

Walikota juga pada kesempatan itu menjadi salah satu pembicara dengan membawakan makalah berjudul Peran Pemkot Dalam Membantu Kelestarian Lingkungan. Dalam paparannya Walikota menjelaskan bagimana peran dan kebijakan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam mendukung pelestarian lingkungan di kota Yogyakarta dan dunia. Walikota juga menjelaskan bagaimana Tata Kelola Ruang Publik yang ada di kota Yogyakarta.

 

Tema Rakornas PKBSI tahun  2012 yakni Bersama Menuju Lembaga Konservasi Berstandar Global. (@mix)