WALIKOTA LEPAS ATLET PON KOTA

Walikota lepas kontingen PON Kota Yogyakarta yang akan mewakili Propinsi DIY pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012 yang akan berlangsung di Riau. Kegiatan ini dikemas dalam acara jamuan makan malam yang berlangsung di Rumah Dinas Walikota Yogyakarta pada hari Rabu (5/12). Dalam kesempatan ini Walikota Yogyakarta, H. Haryadi Suyuti juga memberikan tali asih dan tambahan dana untuk lebih menyemangati para atlet.
Dalam laporannya, Ketua KONI Kota Yogyakarta, Iriantoko Cahyo Dumadi mengungkapkan bahwa dari total 129 orang Kontingen PON DIY sejumlah 92 berasal dari Kota Yogyakarta yang akan mengikuti 29 cabang olahraga (cabor). Karena jumlah atlet didominasi dari Yogyakarta maka KONI DIY mentargetkan atlet Kota lebih banyak mendapatkan medali pula. Dari 29 pelatih cabor, 28 orang juga berasal dari Kota Yogyakarta.
Ditambahkan Iriantoko, bahwa Stimulan dari Pemkot telah diterima oleh KONI selama Pelatda sejak 6 bulan yang lalu. Pemkot juga sekaligus melakukan monitoring pelaksanaan latihan secara intensif. Diharapkan dalam acara ini Walikota bisa memberi tambahan motivasi dan dukungan sehingga kontingen bisa meraih prestasi setinggi-tingginya.
Dalam wejangannya Haryadi Suyuti mengungkapkan bahwa pembinaan atlet nasional yang dimulai dari beberapa tahun yang lalu puncaknya adalah berkompetisi di event PON. Diucapkan terimakasih kepada para pelatih atas pembinaan kepada para atlet hingga bisa mengikuiti PON ini.
Puncak prestasi tertinggi atlet nasional adalah meraih medali Emas di event PON.  Dari perjalanan jauh yang telah ditempuh untuk tampil di arena PON Riau 2012 tentu saja bukan hanya sebagai penggembira tetapi para atlet harus datang dengan motivasi tinggi untuk meraih medali emas. Sebagai wujud kepedulian Pemkot Yogyakarta telah mencanangkan bagi peraih medali Emas di PON akan mendapat dana tambahan sejumlah 10 juta rupiah. "Tetapi saya yakin bukan hanya uang yang menjadi tujuan utama tetapi adalah medali emas yang dikalungkan saat menjuarai cabor dan tampil sebagai yang terbaik. Jika fokus dan disiplin yakinlah bisa meraih emas. Momentum realisasi UUK DIY hendaknya diikuti pula dengan keistimewaan para atlet-atlet DIY", Demikian pesan Haryadi Suyuti kepada para atlet.
Tali asih secara simbolis diserahkan oleh Walikota kepada atlet Voli Putra dan Karate Putri. Direncanakan tanggal 7 September rombongan besar atlet dan official DIY akan berangkat ke Riau. KONI Propinsi mentargetkan peringkat 10 besar Nasional dan dari Sri Sultan Hamengkubuwono X juga akan diberikan tambahan dana 100 juta rupiah untuk peraih medali emas. (byu)