WALIKOTA DAN PIMPINAN FORKOMPINDA KUNJUNGI POS PENGAMANAN LEBARAN

Walikota Yogyakarta H. Haryadi Suyuti bersama Komandan Distrik Militer 0734 Yogyakarta Letkol (Arh) Ananta Wira, Kepala Kepolisian Resort Kota Yogyakarta Kombes Mustaqim didampingi para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta mengunjungi sejumlah Pos Pengamanan Lebaran 2012, Selasa, (14/08).  Kunjungan Walikota dan Pimpinan Forum Komunikasi Pinda Daerah ini  untuk memberi semangat kepada  para petugas yang akan melaksanakan tugas pengamanan selama musim lebaran nanti.

Pos Pengamanan pertama yang dikunjungi adalah Pos Pengamanan Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Berdasarkan laporan dari perwira jaga sampai dengan saat dikunjungi kondisi keamanan masih aman dan terkendali. Dilaporkan bahwa personil pengamanan merupakan gabungan dari Polres Yogyakarta, Kodim 0734 Yogyakarta, Pol PP Kota Yogyakarta dan Paksi Katon.

Walikota berpesan kepada para petugas untuk menjalan tugas dengan sebaik-baiknya, terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan khususnya bagi para pemudik yang akan memasuki Kota Yogyakarta. “ Saya berharap bapak-bapak dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan. Sebentar lagi Kota Yogyakarta akan dibanjiri para pemudik dari berbagai daerah, utnuk itu berikan pelayanan terbaik kepada mereka. Dan mari kita bersama menjadi tuan rumah yang baik bagi para tamu kita yang akan berlibur di Yogyakarta. Agar memberikan kesan yang indah untuk mereka,” pesan Walikota. Walikota juga berpesan agar petugas selalu mengantisipasi kejahatan seperti pencopetan dan kekerasan lainnya.

Walikota saat ditemui di Pos Pengamanan Titik Nol Kilometer menjelaskan bahwa kegiatan kunjungan ke Pos Pengamanan merupakan kegiatan rutin setiap tahun dari Pemerintah kota Yogyakarta beserta mitranya dari Forkompinda Kota Yogyakarta untuk mengapresiasi para petugas yang sedang bertugas melakukan pengamanan dalam rangka lebaran. Ditanya mengenai kesiapan para petugas, Walikota mengatakan hingga saat para petugas sudah siap untuk menjalankan tugasnya. “ Ya, hingga saat mereka sudah siap untuk memberikan pelayanan. Persiapan dilakukan perlengkapan serta pengetahuan mereka tentang Jogja, pengetahuan tentang   bagaimana menghadapi sesuatu yang darurat sesuai dengan standart operasionalnya. Insyah Allah mereka sudah siap,” ujar Walikota.

Walikota juga berharap warga masyarakat kota Yogyakarta ikut memberikan suport dan dorongan moril kepada para petugas dengan memberikan semangat ataupun bingkisan berupa makanan atau minuman kepada para petugas. Warga masyarakat juga dihimbau untuk menerima para pemudik atau para wisatawan yang datang ke Yogyakarta dengan ramah dan baik.

Kunjungan dilanjutkan ke Pos Pengamanan Stasiun Tugu Yogyakarta, dan Terminal utama Giwangan Yogyakarta. Dalam kunjungan ke Pos Pengamanan Walikota membagikan bingkisan yang berisikan makanan kecil untuk para petugas dan membagikan stiker Yogya Emergency Service (YES) 118 utnuk masing-masing Pos Pengamanan. Yes 118 akan memberikan pelayanan kegawat daruratan medis dan trauma selama 24 Jam pertama denghan bebas biaya. Layanan ini dapat dihubungi ke nomor telepon 0274 420 118.

 Walikota dan rombongan juga berkesempatan mengunjungi dan menyampaikan bingkisan lebaran kepada para penghuni panti Wreda Budhi Dharma Giwangan yang merupakan binaan Dinas Sosial dan Nakertrans Yogyakarta. (@mix)