Pasar Rakyat dan Bazar Ramadhan 2012

Disperindagkoptan Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Kecamatan Danurejan selenggarakan Pasar Rakyat dan Bazar Ramadhan tahun 2012. Pembukaan dilakukan oleh Walikota Yogyakarta, H. Haryadi Suyuti pada hari Selasa (7/8) bertempat di Kecamatan Danurejan.

Dalam sambutan Camat Danurejan Octo Noor Arafat, SIP berharap agar kegiatan ini bisa bermanfaat bagi warga Danurejan dan lebih menumbuh kembangkan ekonomi kerakyatan. Diikut sekitar 36 usaha mikro dan menengah yang ingin mencoba berdagang apakah laris atau tidak. Masyarakat menyambut dengan antusias yang dibuktikan dengan permintaan perpanjangan pelaksanaan Pasar Rakyat yang semula hanya tiga hari 7-9 Agustus tetapi karena ada permintaan dari Forum UMKM untuk lebih diperpanjang maka dilaksanakan hingga 15 Agustus.

Kepala Disperindagkoptan Kota Yogyakarta, Heru Priyawarjaka, SE dalam laporan kegiatan mengungkapkan bahwa Danurejan dipilih sebagai penyelenggara Pasar Rakyat 2012 karena kesiapannya. Dari pelaksanaan kegiatan ini nantinya diharapkan bisa memberikan gambaran seberapa jauh potensi UMKM di wilayah Danurejan.

Dalam Pasar rakyat ini juga disediakan sembako murah yang merupakan kerjasama dengan Pemerintah Propinsi DIY yang didalamnya dibagikan 300 paket diperuntukkan untuk yang paling membutuhkan dan tidak mampu. Selain itu juga akan dilaksanakan Operasi pasar untuk Danurejan diberikan jatah sebesar 1,5 ton beras dari total untuk kota sebanyak 14 ton. Jika dari warga Danurejan yang tidak mampu tetapi belum memperoleh, Disperindagkoptan masih menyediakan cadangan.

Dalam sambutannya Walikota Yogyakarta, H. Haryadi Suyuti mengungkapkan bahwa kegiatan pasar rakyat merupakan kegiatan yang strategis untuk para UMKM memperkenalkan produknya kepada masyarakat maka diharapkan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para peserta.

Dengan mencoba menjual produk pada event ini bisa diketahui dengan cepat produk diterima masyarakat atau tidak. Diharapkan nantinya pada setiap akhir kegiatan ini Forkom UMKM juga melakukan evaluasi untuk memberikan masukan kepada para peserta tentang pengembangan produk para peserta. Sinergi antara Pemkot dan UMKM agar selalu ditingkatkan hingga pada kegiatan ini nantinya melaksanakan operasi pasar, yang berupa sembako murah bisa memberikan tambahan kesejahteraan pada masyarakat. Demikian sambutan Haryadi Suyuti yang kemudian membuka secara simbolis dengan Penyerahan Sembako kepada warga dan pemukulan kentongan. (byu)