WALIKOTA BUKA KAMPOENG RAMADHAN JOGOKARYAN DAN PASAR SORE RAMADHAN  NITIKAN

 

Walikota Yogyakarta H. Haryadi Suyuti membuka Pasra Sore  Kampung Ramadhan 1433 H di Kampung Jogokaryan Yogyakarta, Jumat (20/07/2012). Pembukaan ditandai dengan pemotongan pita di pintu gapura menuju Kampoeng Jogokaryan kecamatan Mantrijeron.

Walikota dalam sambutannya berharap  kegaiatan di bulan ramadhan yang digelar kampung kampung di Kota Yogyakarta menjadi warna tersendiri  baik untuk kegiatan syiar maupun untuk mendorong kegiatan peningkatan ekonomi warga di sekitarnya. Dan khusus, Kampung Ramadhan Jogokaryan Walikota berharap dapat menumbuhkan perekonomian warga di wilayah selatan kota Yogyakarta. “ Pasar Sore dan kegiatan Ramdahan di wilayah Jogokarya ini diharapkan menjadi daya tarik tersendiri  bagi orang dari  utara  untuk bisa datang mencari kuliner menjelang buka puasa,” ujar Walikota. Walikota juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan religiusitas umat sekaligus mendorong roda perekonomian warga

Swasta Gustami, ketua panitia Kampong Ramadhan Masjid Jogokaryan Yogyakarta menjelaskan selama bulan Ramadhan 1433 H Masjid Jogokaryan menggelar berbagai kegiatan yang melibat warga masyarakat satu diantaranya adalah Pasar Sore menjelang berbuka puasa. Menurut Gustami  pasar sore diisi 150 stan yang menyajikan  hidangan buka puasa seperti kolak, minuman tradisonal, dan lainnya. Pasar Sore juga menyediakan kerajinan khas ramadhan, busana Muslim, mainan anak dan beberapa produsen motor.

Selain Pasar Sore yang digelar selama bulan Ramadhan kegiatan Kampoeng Ramadhan di Masjid Jogokaryan diisi dengan kegiatan rohani lainnya seperti kajian Ramadhan, Takjil menjelang Buka Puasa, mendongeng yang diberi nama Es Doger ( red. semua suka dongeng Ramadhan), Festifal Anak Sholeh, lomba menghias rumah, lomba menghias masjid, lomba spanduk, lomba koor, buka bersama anak yatim, temu relawan masjid, talk show, dan lainnya. Ditambahkan Gustami warga masyarakat yang ingin merasakan sholat dan tarawih ala Madinah, panitia menghadirkan imam dari Pelestina Syaikh Alzard yang akan hadir kembali tanggal 2  dan 9 Agustus 2012.

Usai membuka Kampung Ramadhan Jogokaryan Walikota berkesempatan membuka Pasar Sore Ramadhan  ‘Jalur Gaza” di jalan Sorogenen  Nitikan Umbulharjo Yogyakarta yang digelar oleh takmir masjid Muthohirin Nitikan.  Pasar sore Jalur gaza juga menyediakan aneka kuliner berbuka puasa. Sedangkan masjid Muthohirin sepanjang bulan Ramadhan ini juga menggelar kegiatan rohani untuk warga masyarakat Nitikan dan sekitarnya. (@mix)