KOTA JOGJA KEMBALI RAIH ADIPURA

Kota Yogyakarta kembali meraih Adipura, sebuah penghargaan yang bergengsi di bidang lingkungan hidup. Dengan diraihnya Adipura di tahun 2012 ini berarti Kota Yogyakarta telah  enam kali meraih penghargaan  di bidang lingkungan tersebut. Penghargaan Adipura diberikan langsung oleh Presiden RI kepada Walikota Yogyakarta H. Haryadi Suyuti di Istana Negara Jakarta, Selasa (05/06/2012) yang bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Walikota Yogyakarta  H. Haryadi Suyuti ditemui seusai menerima penghargaan mengucapkan syukur atas diraihnya Adipura tahun ini.  Menurutnya penghargaan Adipura ini merupakan hasil kerja keras dan peran serta aktif warga masyarakat Yogyakarta dalam menjaga Kota Yogytakarta sehingga mendapatkan penghargaan Adipura ini.  “Tanpa peran serta aktif  dari warga Jogja, belum tentu  kita bisa mendapatkan anugerah Adipura ini,” ungkap Haryadi.

Haryadi juga mengatakan bahwa penghargaan Adipura ini dipersembahkan untuk warga masyarakat Yogyakarta. Selain itu, anugerah Adipura ini juga merupakan  hadiah ulang tahun kepada Pemerintah Kota Yogyakarta yang memasuki usia 65 tahun dari warga masyarakat Kota Yogyakarta.

Haryadi berharap pencapaian ini bisa menjadikan standar kehidupan warga masyarakat Yogyakarta yang lebih baik  dan merupakan hal penting sebagai Kota pariwisata, dan  tentunya para wisatawan mengetahui di tengah tengahnya  kesibukannya masrakat bersama wisatawan menjaga  kebersihan kota Yogyakarta.

Mengenai target Adipura Kencana Walikota optimis dengan kerja keras warga  dan membangun  internalisasi ditengah masyarakat  keinginan ini akan terwujud. Menjaga kota Yogykarta tidak cukup dengan mencintai saja tetapi harus dengan tindakan nyata seperti tetap menjaga kebersihan kota dan memelihara lingkungannya. 

Dalam sambutannya usai menyerahkan penghargaan Presiden Susilo Bambang Yudoyono memberikan ucapan selamat serta  mengimbau agar para penerima penghargaan tersebut terus  bekerja keras untuk melestarikan lingkungan. "Saudara-saudara telah berjasa besar dalam memelihara dan melestarikan lingkungan hidup, keindahan kota, dan kehijauan sekolah. Lanjutkan kerja keras saudara-saudara dalam kepeloporan dan keteladanan pada pemeliharaan kelestarian lingkungan di wilayah saudara masing-masing," ujar SBY.

Ditemui secara terpisah saat penerimaan Adipura Christina Endang S, Kasubid Pengembangan Sumber Daya Lingkungan Hidup  pada Badan Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta   menjelaskan Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota dari 4 Kota Penerima Adipura dengan kategori Kota Besar. Tiga diantaranya adalah Kota Balikpapan, Manado dan Malang.  Dijelaskan Kota Yogyakarta telah enam kali meraih Adipura yakni di tahun 2005, 2007, 2009, 2010, 2011, dan 2012. “Target tahun depan adalah Adipura Kencana,” tambah Christina.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun  2012 ini bertemakan  Ekonomi Hijau, Ubah Perilaku, tingkatkan Kualitas Lingkungan. (@mix/And)