WALIKOTA MELANTIK 188 PEJABAT DI LINGKUNGAN PEMKOT YOGYAKARTA

Walikota Yogyakarta H. Haryadi Suyuti melantik dan mengambil sumpah 188 pejabat di lingkungan Pemkot Yogyakarta. Pelantikan berlangsung di Pendopo Balaikota Yogyakarta, Jumat (1/6).

Diantara pejabat yang dilantik yaitu Ir Eddy Muhammad sebagai Kepala Bappeda, Drs Kadri Renggono, MSi sebagai Kepala Dinas Pajak Daerah dan Pengelolaan Keuangan, Wasesa SH sebagai Kepala Bagian Pengendalian Pembangunan Setda Kota Yogyakarta, Sukamto sebagai Kepala Kantor Kesatuan Bangsa serta dua Camat masing-masing Drs. Rumpis Tri Mintarta sebagai Camat Gedong Tengen dan Drs. Nur Hidayat sebagai Camat Kotagede.

Pada kesempatan ini pula dilantik juga dua direksi di jajaran Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Marta yakni Drs Dwi Agus Triwidodo sebagai Direktur Utama PDAM Tirtamarta dan Setiawan Budiarto sebagai Direktur Bidang Teknik. Turut dilantik pula beberapa kepala sekolah, pengawas sekolah  dan pejabat-pejabat eselon V dan IV di lingkungan Setda Kota Yogyakarta, Kecamatan dan Kelurahan.

Walikota H Haryadi Suyuti dalam sambutannya mengatakan pelantikan ini merupakan bagian dari upaya pemantapan konsolidasi secara internal guna meningkatkan kinerja kapasitas birokrasi dalam melaksanakan tugas serta tanggung jawab dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Rekruitmen pejabat yang tepat merupakan salah satu prinsip good governance dan public accountability dalam penyelenggaraan pemerintahan yang demokratis.

Kepada para pejabat yang dilantik Walikota berpesan agar para pejabat dapat mengoptimalkan kinerjanya terutama dalam hal pembangunan kultur birokrasi yang bermental inovatif dan responsive termasuk dalam menghadapi keadaan darurat, membangun system pemerintahan kota yang berdasar pada prinsip pemerintahan yang baik, menciptakan birokrasi pemerintahan yang dapat menjadi fasilitator yang handal dan regulator yang adil dalam proses penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan serta menciptakan system pelayanan masyarakat yang mudah, cepat, ramah adil dan pasti.

“Kedepan dalam penyelenggaraan pemerintahan, sebagai pejabat saudara-saudara harus selalu meningkatkan kapasitas birokrasi dan profesionalisme sebagai aparatur pemerintah dengan menekankan pada perubahan sikap dan perilaku yang mengarah kepada efektifitas, efisiensi, responsivitas, transparansi dan akuntabel dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik” kata Haryadi Suyuti. (HG)