WALIKOTA DAN WAKIL  BERKENALAN DENGAN KETUA RT DAN RW SEKOTA YOGYAKARTA

Walikota Yogyakarta , H. Haryadi Suyuti dan Wakil Walikota Imam Priyono didampingi para pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah berkenalan dengan 2529 ketua Rukun Tetangga dan 615 ketua Rukun Warga masa bhakti 2012-2015. Acara perkenalan digelar di gedung pertemuan Grha Bhakti Wanayasa, Selasa, (15/03) malam.

Kepala bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Yogyakarta Drs. Hudiakto Prasetyo melaporkan kegiatan perkenalan dan pembekalan para ketua RT dan RW yang baru ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan pembangunan kelembagaan sosial kemasyarakatan yang bertujuan untuk membentuk kepengurusan RT dabn RW masa bhakti 2012-2015 sekota Yogyakarta.  

Rangkaian dimaksud diawali dengan sosialisasi pemilihan RT dan RW  yang telah dilaksanakan bulan Januari 2012 dan dilanjutkan dengan proses pemilihan ketua RT dan RW yang dilaksanakan bulan pada bulan Februari hingga Maret 2012. “Semua proses yang sepenuhnya dipercayakan pelaksanaanya kepada Camat dan Lurah ini  berjalan lancar dengan semangat mengedepankan semangat kearifan lokal dan didukung oleh semangat Segoroamarto,”ujar Hudiakto.

Hudiakto mengatakan Bagian Tata Pemerintahan telah mencatat, terjadi pemekaran sejumlah RT.  dan dua RW. Sementara disisi lain ada pula penggabungan lima  RT dan satu  RW.  “Dengan demikian jumlah kepengurusan RT dan RW  saat ini berjumlah 615 Rukun Warga dan 2529 Rukun Tetangga,” tambah Hudiakto.

Sementara itu Walikota Yogyakarta H. Haryadi mengaku merasa hatinya merinding dan tersentuh  melihat kerelaan dan kesediaan untuk mengabdikan diri  para ketua RT dan RW . "Yang ada di benak Walikota adalah bahwa sebuah pengabdian yang tulus kepada masyarakat  dan tetntunya saya berpikir keras dan  mungkin belum ada jawabannya, saya harus ganti dengan apa pengabdian para RT dan RW," tambah Haryadi.

Walikota kembali menegaskan bahwa keberadaan ketua RT dan RW sangatlah berarti bagi Walikota dan Wakil Walikota. “ Sekali lagi saya tegaskan, tidak ada artinya saya dan pak  Imam di sini, tanpa dukungan dari bapak-bapak dan ibu sekalian yang teramat saya hormati dan saya banggakan,” ujar Walikota.

Walikota mengatasnamakan Pemerintah Kota Yogyakarta mengapresiasi setinggi-tingginya sekaligus mengucapkan selamat atas terpilihnya para ketua RT dan RW masa bhakti 2012-2015.  Menurut Walikota kepercayaan warga kepada para ketua RT dan RW merupakan sebuah amanah yang harus diemban. “Kepercayaan yang diberikan merupakan sebuah amanah yang dilaksanakan oleh bapak ibu sebagai bagian dari kepercayaan masyarakat. Karena bapak ibu dipandang mampu  menjadi bagian warga masyarakat  untuk menjembatani beberapa  hal dengan pemerintah Kota Yogyakarta,” tambah Walikota.

Walikota menambahkan terjadinya pemekaran RT dan RW di wilayah Kota Yogyakarta mengindikasikan bahwa dinamika penduduk yang ada di kota Yogyakarta menuntut jangkauan pelayanan yang lebih banyak. Dengan bertambahnya jumlah RT dan RW ini diharapkan kedekatan masyarakat dengan pemerintah akan semakin lebih baik lagi.

Walikota juga berharap agar para RT dan RW memerankan tugas dan fungsinya  sebagai garda terdepan pelayanan publik  bagi masyarakat Kota Yogyakarta. Walikota dan jajarannya akan mengandalkan kehadiran para ketua RT dan RW sebagai mata dan telinga pemerintah.

Acara perkenalan para ketua RT dan RW diisi dengan pembekalan dari masing masing kepala Forum Kominikasi Pimpinan Daerah sesuai dengan bidang kerjanya masing-masing.  Nara sumber yang dihadirkan Kombes Mustaqim Kapolrestra Yogyakarta, Letkol Arh. Ananta Wira, IP. S.Sos, Kardi, SH Kajari Yogyakarta, H. Lutfi, SH ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, dan RR. Titik Sulastri Sekda kota Yogyakarta. (@mix)