Perpustakaan Kota Yogyakarta Gelar Festival Literasi

Menyambut Hari Buku Nasional yang jatuh pada tanggal 17 Mei dan mengawali kegiatan Bulan Buku Jogja 2012, Perpustakaan Kota Yogyakarta akan menyelenggarakan kegiatan Festival Literasi. Bentuk kegiatan ini berupa diskusi, talkshow kepustakawanan dan launching buku karya siswa-siswa Sanggar Menulis CAHAYA. Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Yogyakarta Dra. Sri Sulastrimenjelaskan, kegiatan terbagi dalam 2 (dua) sesie akan dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 16 Mei 2012 di halaman Perpustakaan Kota Yogyakarta.

Sesie pertama berlangsung dari pukul 09.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB yaitu Talkshow Kepustakawanan dengan tema “Teknologi dan Literasi: Peran Penting Perpustakaan dalam Menghadapi Era Globalisasi” , acara ini merupakan kerjasama antara Perpustakaan Kota Yogyakarta dengan ATPUSI Kota Yogyakarta. Menghadirkan Sri Rohyanti, M.Lis (staff pengajar UIN Sunan Kalijaga) dan Mardhani Riasetiawan, SE. AK, MT (Koordinator Peneliti FMIPA (UGM) sebagai narasumber. Sasaran peserta talkshow ini adalah Komunitas perpustakaan, pustakawan sekolah, perguruan tinggi dan juga masyarakat umum sebanyak 150 orang.

Sedangkan sesie kedua akan dimulai pada pukul 14.30 WIB sampai dengan 16.30 WIB adalah launching dan bedah buku “Hanya Ini Untuk Bunda” , yang merupakan hasil karya peserta Sanggar Menulis “CAHAYA” Perpustakaan Kota Yogyakarta. Sebagai narasumber adalah Direktur LSPPA(Lembaga Studi Pengembangan Perempuan dan Anak) Yogyakarta, Isa Aryani, S.Psi. Selain itu, akan dimeriahkan dengan pentas seni (drama musical) berjudul “Pelangi Kecil di Balik Bukit” yang akan dimainkan oleh peserta Sanggar Menulis Cahaya. Diharapkan 150 orang peserta baik dari peserta Sanggar Menulis Cahaya, orangtua, guru dan masyarakat umum dapat mengikuti launching buku ini.

Rangkaian acara Bulan Buku Jogja 2012 sebagai berikut: Gerakan Sumbang Buku atau Bank Buku, Festival Literasi, Lomba Penulisan Cerita Anak, Gebyar Taman Bacaan Masyarakat dan sebagai puncaknya adalah Seminar Nasional yang akan dilaksanakan pada bulan September.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap dapat menghubungi Perpustakaan Kota Yogyakarta, Jl. Suroto No.9 Kotabaru Yogyakarta Telp. (0274) 511314 atau melalui website Perpustakaan : http// perpustakaan.jogjakota.go.id dan email : perpus_jogja@yahoo.co.id; kap@jogjakota.go.id.