PEMKOT JOGJA DAN PT BANK MANDIRI TANDATANGANI KESEPAKATAN BERSAMA

Pemerintah Kota Yogyakarta dan Bank Mandiri (Persero) Tbk menjalin kerja sama  dalam Pengembangan Sumber Daya Kota Yogyakarta.  Kerja sama ini dituangkan dalam sebuah Kesepakatan Bersama yang ditandatangani H. Haryadi Suyuti, Walikota Yogyakarta yang mengatanamakan Pemerintah kota Yogyakarta dan Anton Zulkarnain, Regional Manager PT Bank Mandiri (Persero), Tbk. Kantor Wilayah VII Semarang yang mewakili PT. Bank Mandiri.  Penandatangan Kesepakatan Bersama ini dilaksanakan di Ruang Utama Bawah Balaikota Yogyakarta, Selasa, (15/05/2012).

Anton Zulkarnain menjelaskan setelah penandatangan ini  Pemkot Yogyakarta dan PT. Bank Mandiri akan bersama-sama mengembangkan sumber daya Kota Yogyakarta dalam bidang pendidikan, kesehatan, periwisata, sosial budaya, keagamaan, dan pengembangan sumber daya kota Yogyakarta khususnya melalui program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) serta bidag lain yang disepakati dikemudian hari. Pemkot dan PT. Bank Mandiri juga akan  bekerjasama dalam program pengembangan sektor UMKM dan bidang pengelolaan keuangan. Kerja sama ini rencananya, akan berlangsung selama 5 tahun.

Anton menambahkan PT. Bank Mandiri akan memasang alat transaksi elektronik di toko-toko agar memudahkan para pembeli yang akan berbelanja di kota Yogyakarta atau di pasar  yang ada di kota Yogyakarta. “ Untuk alat transaksi elektronik  akan kami pasang di toko-toko atau merjen-merjen, mengingat jumlah nasabah Bank Mandiri cukup banyak. Setiap lima pemilik tabungan  satu diantaranya pasti nasabah bank Mandiri,”. Ujar Anton.  Menurut Anton hal ini untuk  memberikan kenyamanan bagi para nasabah untuk bertransaksi.

Ditambahkan untuk memberikan kenyamanan dan meningkatkan taraf hidup sehat  bagi para pedagang di pasar-pasar Kota Yogyakarta PT. Bank Mandiri akan mendirikan Poliklinik. Rencananya Poliklinik ini akan memberikan pelayanan secara gratis kepada para pedagang.  

Kepala Bagian Perekonomian, Pengembangan Pendapatan Asli Daerah dan Kerjasama, Danang Soebadjono, SE. menjelaskan untuk tahap awal kerja sama ini lebih ditekankan pada Dinas Pasar dan Dinas Perindagkoptan. “ Kita mengutamakan ke Usaha Mikro Kecil, yang lain menyusul,” tambah Danang.

Sementara itu, Walikota Yogyakarta H. Haryadi Suyuti sangat menyambut baik kerja sama Pemkot Yogyakarta dan PT. Bank Mandiri. Menurutnya kerjasama ini akan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan warga Kota Yogyakarta dan Bank PT. Bank Mandiri.  (@mix)