Danurejan Seminarkan Kepribadian Cantik

Emansipasi wanita sesuai harapan dan cita-cita Kartini semestinya tidak sekedar dipahami sebagai sebuah tuntutan untuk dapat bersejajar dengan kaum pria dalam berbagai aspek kehidupan sesuai kodrat perempuan. Tuntutan tersebut mesti diperjuangkan dan diikuti dengan peningkatan kapasitas kaum perempuan itu sendiri.

Apalah artinya jika diberi tempat dan kesempatan untuk dapat sejajar dengan kaum pria namun tidak mampu mengimbanginya dengan kualitas diri yang handal. 3B berupa beauty, brain and behaviour (akhlak) menjadi perpaduan kesempurnaan seorang perempuan.

Beranjak dari pemikiran tersebut Tim Penggerak PKK Kecamatan Danurejan dalam rangkaian Peringatan Hari Kartini Tahun 2012 menyelenggarakan Seminar “Membentuk Kepribadian Cantik”. Acara berlangsung pada hari Minggu, 29 April 2012 bertempat di Hotel Mutiara Yogyakarta. Dalam sambutannya Camat Danurejan, Octo Noor Arafat,SIP, menyampaikan bahwa sudah saatnya emansipasi perempuan dikembalikan pada kodratinya dengan tidak melupakan nilai-nilai budaya dan agama.

Dalam kesempatan seminar sebagai pembuka diisi oleh Sujarwo Putra (Presidium Paguyuban Kawasan Malioboro) yang memberikan motivasi pentingnya keteladanan dan kerja keras. Sedangkan pembicara utama, Ibu Hj. Pamella Sunardi (Pemilik Swalayan Pamella) memberikan banyak ilmu bagi kaum perempuan tentang motivasi dan strategi kewirausahaan. Pada sessi kedua, mitra PKK dalam gelaran peringatan tersebut yakni Tim Wardah memberikan pelatihan tata busana dan rias wajah. Acara seminar tersebut diikuti oleh seratusan perempuan Danurejan dengan sangat antusias.

Selain kegiatan tersebut seminggu sebelumnya bertempat di Halaman Kecamatan juga dilaksanakan senam massal dan pemeriksaan kesehatan gratis yang diikuti ratusan kaum perempuan se-Kecamatan Danurejan. (oct)