GELAR APEL BENDERA, KARYAWAN PEMKOT JOGJA RAYAKAN HUT OTDA KE-16

Merayakan Hari Ulang Tahun Otonomi Daerah (Otda) ke-16, karyawan Pemerintah Kota Yogyakarta menggelar upacara  pengibaran bendera di halaman Balaikota Yogyakarta, Rabu,(25/04). Upacara dipimpin oleh Wakil Walikota Yogyakarta,  Imam Priyono.

Wakil Walikota Yogyakarta Imam Priyono, pada kesempatan itu membacakan amanat Menteri Dalam Negeri  RI, Gamawan Fauzi. Dalam sambutannya Gamawan  Fauzi mengatakan peringatan ini merupakan media bagi jajaran Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk merefleksikan serta memperkokoh tanggung jawab dan kesadaran bersama akan amanah serta tugas untuk menjadikan daerah lebih mandiri, maju dan sejahtera dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. (NKRI).

Menurut Gamawan desentralisasi saat ini telah menjadi azas penyelenggaraan pemerintahan yang diterima secara universal dengan berbagai macam bentuk  aplikasi di setiap negara. Secara  umum , jelas Gamawan, ada dua variabel utama terkait implementasi kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah, yaitu, pertama, peningkatan efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan dan kedua, peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemerintahan dan pembanguanan.

Gamawan menambahkan ada tiga hal yang menjadi harapan bersama melalui implementasi kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah yakni  meunculnya kemandirian yang digerakakan oleh kreativitas  dan inovasi daerah dalam mengoptimalkan  berbagai  sumberdaya yang ada, baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam. Tumbuhnya modal sosial dan partisipasi masyarakat yang selanjutnya akan menumbuhkan komitmen, kepercayaan , toleransi, kerjasama, dan solidaritas pada masyarakat. Dan tata hubungan antara pusat dan daerah diharapkan akan menjadi lebih proporsional, harmonis dan produktif dalam rangka penguatan persatuan dan kesatuan bangsa.

Tema Hari Ulang OTDA 2012 adalah Kita Tingkatkan Kualitas Otonomi Daerah untuk Efektifitas Penyelengaraan Pemerintahan Daerah Menuju Kesejahteraan Masyarakat. (@mix)