PERANGI NARKOBA HIV/AIDS BERAWAL DARI KELUARGA

Penyebaran Narkoba/HIV/AIDS saat ini implikasinya telah menyentuh pada aspek ekonomi sosial etis serta hukum dan ditengarai telah merasuk sampai pada tingkat keluarga dan rumah tangga. Pada situasi yang demikian peran kaum wanita sangat vital bagi upaya pencegahan dan penanganan kasus narkoba dan HIV/AIDS mengingat kaum wanitalah yang memegang kendali aktivitas rumah tangga sehari-hari. Demikian sambutan Walikota Yogyakarta yang disampaikan Asisten Administrasi Umum Dra Rr Titik Sulastri pada Upacara Peringatan Hari Kartini 2012 di Ruang Utama Atas Balaikota, Sabtu (21/04).

Peringatan hari Kartini Kota Yogyakarta 2012 yang mengusung tema “Dengan Semangat Kartini Kita Perangi Bahaya Narkoba, Penularan HIV/AIDS dan Penyakit Menular Seksual Lainnya” ini dihadiri Ibu Ketua TP PKK Kota Yogyakarta Anna Haryadi dan ratusan ibu-ibu anggota organisasi wanita se-Kota Yogyakarta.

“Bangunlah keharmonisan dan kesejahteraan keluarga sebagai benteng bagi pengaruh-pengaruh negative lingkungan sekitar keluarga. Selain itu upayakan perilaku hidup bersih dan sehat dalam keluarga agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Saya berharap wanita Kota Yogyakarta dapat meresapi dan meneladani semangat dan perjuangan serta cita-cita ibu Kartini dengan kesungguhan berkarya
tanpa melupakan kodrat kewanitaannya,” pesan Walikota.

Puncak acara peringatan Hari Kartini ini dimeriahkan dengan penampilan paduan suara Dharma Wanita Persatuan Kota Yogyakarta, Fragmen Group Yati
Pesek, serta Lomba Keluwesan Berbusana Kebaya Nasional.

Dalam memperingati Hari Kartini ini sebelumnya telah dilakukan serangkaian kegiatan yaitu bakti sosial kunjungan ke Panti Jompo, Sarasehan kesehatan, dan juga akan dilakukan bakti sosial berupa tes kesehatan IVAA bagi ibu-ibu di Kota Yogyakarta.

Sementara itu pada saat yang sama di Pendopo Balaikota juga diselenggarakan Pentas Seni dan Fashion Show anak-anak PAUD TPA Beringharjo dan PAUD Kirana asuhan TP PKK Kota Yogyakarta serta PAUD Praba Dharma asuhan Darma Wanita Persatuan Kota Yogyakarta.