KUMPUL KADER BINA KELUARGA BALITA DAN  PAUD

Dalam rangka memberikan pembekalan pengelolaan pembinaan keluarga Balita dan pendidikan anak usia Dini, Kantor Keluarga Berencana Kota Yogyakarta menyelenggarakan Ajang Kumpul Kader Bina Keluarga Balita (BKB) dan PAUD, acara ini diselenggarakan selama 3 hari, 19-21 April 2012, dibuka oleh Walikota Yogyakarta, H Haryadi Suyuti di Hotel Brongto, Kamis sore (19/4). Hadir pula dalam pembukaan Kumpul Kader bina Keluarga Balita dan PAUD ini, ketua TP PKK Kota Yogyakarta, Hj Tri Kirana Muslidatun, Spsi.

Walikota Yogyakarta, dalam sambutannya mengatakan, tumbuh dan berkembangnya anak dengan baik merupakan investasi yang berharga bagi keluarga masyarakat dan pemerintah untuk kelangsungan pembangunan dimasa mendatang, pembangunan sumber daya manusia menempati posisi yang strategis dalam program pembangunan di Kota Yogyakarta.

“Anak-anak jaman sekarang adalah modal besar pembangunan di masa mendatang jadi harus kita persiapkan dari saat ini, kami harapkan ibu-ibu tetap semangat untuk mempersiapkan anak-anak untuk masa depan.” kata Haryadi Suyuti.

Sementara itu, Kepala Kantor KB Kota Yogyakarta, Lusi Irawati menjelaskan Gerakan Bina keluarga Balita dirancang sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan orang tua terutama ibu dalam membina tumbuh kembang anak secara optimal.

”Gerakan BKB dewasa ini menjadi sangat strategis mengingat pembangunan SDM potensial diawali dengan bagaimana masyarakat mendidik dan mengasuh anak balitanya sampai dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga bisa mempersiapkan generasi penerus pembangunan bangsa” kata Lusi Irawati.

Ditambahkan oleh Lusi, Kumpul Kader Bina Keluarga Balita dan PAUD ini diikuti oleh 175 orang yang terdiri dari 2 orang dari TP PKK Kota Yogyakarta, 14 TP PKK Kecamatan, 45 orang TP PKK Kelurahan, 18 tenaga teknis dan fasilitator serta 96 kader BKB se Kota Yogyakarta. Acara kumpul kader BKB ini diselenggarakan dalam dua bentuk yakni pelatihan di Hotel Brongto dan dalam bentuk outbond di Kaliurang.