BUPATI BANGLI BERKUNJUNG KE PEMKOT JOGJA

Bupati Kabupaten Bangli Bali I Made Gianyar, SH didampingi Isteri dan para pimpinan yang tergabung dalam  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) melakukan kunjungan kerja ke Pemkot Yogyakarta. Kunjungan kerja yang bertujuan untuk mempelajari tentang citra pelayanan prima dan tata kelola pemerintahan di Kota Yogyakarta ini dilaksananakan Rabu,(11/04/2012) di Ruang Utama Bawah Balaikota. Rombongan diterima langsung oleh Wakil Walikota, Imam Priyono dan Wakil Ketua TP.PKK serta sejumlah jajaran Muspida Kota Yogyakarta dan kepala SKPD terkait.

 

 

Dalam sambutannya, Bupati Bangli yang juga ketua rombongan mengatakan kedatangan mereka adalah  ingin mempelajari lebih jauh tentang sistem pelayanan yang diberikan oleh instansi-instansi di kota Yogyakarta seperti PDAM dan SKPD terkait lainnya. I Made Gianyar juga ingin menindaklanjuti hasil kunjungan ini dengan sebuah kerja sama antara Kabupaten Bangli dan Pemkot Yogyakarta. “ Kami ingin sekali belajar di sini (Kota Yogyakarta). Salah satu cara belajar yang paling baik adalah dengan cara meniru. Kami ingin meniru apa yang baik yang telah dilakukan Pemkot Yogyakarta untuk kami terapkan di Bangli khususnya dalam reformasi  birokrasi dan tata kelola pemerintahan. Kami juga ingin melakukan kerja sama dalam bidang-bidang tertentu,” ujar Bupati Bangli.

 

 

Sementara itu, Wakil Walikota Yogyakarta Imam Priyono menyambut baik  kedatangan rombongan pimpinan Daerah kabupaten Bangli ini. Imam berharap kunjungan ini dapat memberikan manfaat bagi kedua bela pihak. “Kami juga ingin sharing dengan Bangli terutama bagaimana mengelola kepariwisataan. Kami ingin belajar banyak dunia pariwisata dari teman teman Bangli dan Bali pada umumnya,” Tambah Wakil Walikota. Pada kesempatan itu pula Imam yang sebelumnya menjabat  Dirut PDAM Tirtamarta Yogyakarta banyak memberikan masukan dan saran seputar pengelolaan PDAM.

 

 

Imam menceritakan bagaimana sebuah perusahan air minum daerah (Tirtamarta ) yang sebelumnya selalu menderita kerugian, namun dengan pengelolaan yang baik dan professional akhirnya mendapatkan keuntungan. Menurut Imam kunci utamanya terletak pada kepuasan konsumen. “Kunci utama adalah kepuasan konsumen karena kami (PDAM) selalu memberikan pelayan prima kepada para pelanggan,” terang Imam. Ditambahkan semua infrastruktur seperti perpipaan hingga pengoptimalan kembali sumur-sumur air dalam terus dilakukan. Sehingga air yang sampai ke pelanggar betul-betul memenuhi standar. Dengan demikian, pelanggan pun akan dengan senang hati untuk membayar rekening airnya. Pelayanan prima ini juga diterapkan oleh SKPD yang lain yang ada di Pemkot Yogyakarta.

 

 

Rombongan dari Bangli terdiri dari  Kepala Pengadilan, Kepala Kejaksaan Tinggi, Wakil ketua DPR, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Pendapatan Daerah, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Bagian SDA, Staf Ahli  Bidang Kesehatan, Kepala Kesra Litbang, dan Bagian Humas, serta kepala dan staf SKPD terkait.

 

Kunjungan ini diteruskan dengan pendalaman materi masing-masing SKPD ke SKPD terkait di lingkungan Pemkot Yogyakarta.(ari/mei/@mix)