PROF ADRIAN  ATKINSON BERTEMU WAWALI, BAHAS LINGKUNGAN

Prof. Dr. Adrian Atkinson, seorang pakar internasional tentang pembangunan perkotaan  melakukan pertemuan dengan Wakil Walikota Yogyakarta,  Imam Priyono di Operational Room, Kompleks Balikota Yogyakarta, Selasa (10/04/2012).

Pertemuan dimaksud untuk mencari fakta dan penilaian misi proyek dengan pokok bahasan meliputi Presentasi  singkat tujuan dan ruang lingkup proyek yang diusulkan, Pengalaman yang dibuat oleh perwakilan kota dan mitra proyek potensial dengan perencanaan sumber daya  terpadu perkotaaan, Masalah utama yang dihadapi dalam konteks air, energy, dan ketahanan pangan, Ide dan pengalaman mengenai solusi yang mungkin dan best practices, Keterlibatan sektor privat dalam penyelesaian permasalahan, serta Ide untuk platform daerah yang cocok untuk bertukar pengalaman dan pengetahuan.

Wakil Walikota pada kesempatan itu menyampaikan  gambaran yang dihadapi Kota Yogyakarta yakni ketersediaan air bersih, pengelolaan sampah dan  masalah lingkungan.  Menurut Wawali  konsep lingkungan di kota Yogyakarta adalah Lingkungan Hijau, Bersih tetapi harus ada ketersediaan air bersih yang memadahi untuk warga. Selain itu akan Pemkot Yogyakarta juga akan mengembangkan  pertanian kota sehingga dapat membantu ketahanan  pangan khususnya di kota Yogyakarta.

Prof. Dr. Adrian Atkinson mengatakan  semua informasi yang didapat  akan dievaluasi  dan dibawa ke lokakarya  perencanaan proyek yang kan diadakan di Bangkok pada tanggal 24-25 Mei 2012 dan akan melibatkan perwakilan dari  semua mitra lembaga terkait.

Yogyakarta termasuk salah satu dari 10 Kota Asia yang telah diidentifikasi untuk berpatisipasi dalam proyek ini. Kesembilan Kota lainnya adalah Ba Nan, Weifang, Rizhao dari China, Ulaan Bator (Mongolia), Santa Rosa, Nagacity (Pilipina), Chiang Mai, Nakhon Ratcashima (Thailand) dan Da Nang (Vietnam).

Dijelaskan Adrian hasil konferensi Bonn 2011 yang membahas Air, Energi, dan Ketahanan Pangan Nexus _ Solusi untuk ekonomi hijau, Pemerintah Jerman memutuskan untuk mendukung  kota-kota di  Asia  dalam mengintegrasikan perspektif Nexus dalam perencanaan kota dan pengembangan pengambilan keputusan melalui pertukaran dan berbagi pengalaman untuk mencari solusi yang memberikan kontribusi untuk ketahanan air, energi dan pangan.

Pertemuan antara Prof. Dr. Adrian Atkinson dan Wawali dihadiri oleh Kepala Bagian Kerja Sama, dan Badan Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. (@mix)