CAMAT TEGALREJO KUKUHKAN PENGURUS RT DAN RW

Camat kecamatan Tegalrejo Maryustion Tonang mengukuhkan 188 orang  ketua Rukun Tetangga (RT) dan 46 Rukun Warga (RW) dari 4 kelurahan  yang ada kecamatan Tegalrejo Kota Yogyakarta masa bakti 2012 - 2015. Pengkuhan ini dilaksanakan  di  Aula ASMI Santa Maria Tegalrejo Yogyakarta Senin malam (03/04).

Walikota Yogykarta H. Haryadi Suyuti  dalam sambutan yang dibacakan  Camat Tegal Rejo Maryustion Tonang  mengatakn meskipun secara administratif  struktur kampong telah hilang  dan diganti dengan Rukun Warga namun pada kenyataannya kampung masih sangat eksis dan tetap memperoleh respek dalam masyarakat.  Bahkan, menurut Walikota Kota Yogyakarta  ibarat suatu kampung Besar.

Walikota menambahkan keunikan dan dan ciri khas kampung di Kota Yogyakarta  yang membedakan dengan  kampung di daerah lain  adalah kekuatan sosiokultural yang begitu kuat dan tingkat adaptasi globalisasi yang mampu teredam oleh kearifan lokal sehingga menjadikan modernitas  kampung tidak kemudian menghilangkan  muatan lokal. Banyak kampung di Yogyakarta  yang masih mempertahankan  identitas  budaya dan dinamika lakalitasnya hingga saat ini namun tetap akomodatif dengan budaya-budaya baru. Kampung Kota, kampong Bantaran sungai dan kampong pinggiran kota merupakan identitas wialayah  dan masyarakat sebagai sebuah kekayaan budaya dan modal sosial pembangunan yang potensial dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Walikota berharap kepada para ketua RT dan RW yang telah dipilih warga secara demokratis  akan menjadi perpanjangan tangan masyarakat sekaligus pemerintah mengemban tugas  merangsang percepatan pembangunan  melalui pertisipasi aktif masyarakat dan memperkuat kelembagaan RT/RW. Karena keberhasilan  Pemkot Yogyakarta  juga diukur dari tingkat partisipasi aktif masyarakat dalam melakukan perubahan ke arah kemajuan dan kesejahteraan.

Walikota juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para ketua RT dan RW yang sudah bersedia mengemban amanah untuk melayani  dan sekaligus mitra kerja pemerintah di tinggkat bawah. Walikota berharap para ketua RT dan RW selalu mengedepankan semangat Gotong Royong Agawe Majune Ngayogyakarta ( Segoro Amarto).

Kecamatan Tegalrejo terdiri atas 4 kelurahan yakni Kricak dengan 13 RW dan 61 RT, Karangwaru (14 RW, 56 RT), Tegalrejo (12 RW, 46 RT), dan Bener (07 RW, 25 RT). Pengukuhan para ketua RT dan RW ini diisi dengan kesenian organ tunggal dan pembagian doorprize.

Para RT dan RW yang dikukuhkan ini terhitung mulai tanggal 01 April 2012 telah resmi melaksanakan tugas pelayanan kepada  warga masyarakat. (@mix)