POSYANDU REMUJUNG 21 WIROGUNAN TERBAIK DI KOTA JOGJA

Kader sebagai motor penggerak posyandu diwilayah memegang peranan penting terhadap kemajuan posyandu. Untuk itu diperlukan kader yang mau dan mampu melaksanakan tugasnya. Di Kota Yogyakarta terdapat 6.086 kader yang 75,32% diantaranya merupakan kader yang telah dilatih. Hal itu disampaikan Wakil Ketua TP PKK Kota Yogyakarta Ibu Anna Haryadi pada penilaian Lomba Pelaksanaan Posyandu Terbaik tingkat Pusat Kategori Kota Dalam Rangka Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan 2010, Senin (31/05). Posyandu Remujung 21 Kelurahan Wirogunan mewakili Kota Yogyakarta dalam lomba tersebut setelah sebelumnya meraih peringkat terbaik.

“Kami bersama dengan instansi terkait telah melaksanakan Pembinaan Posyandu secara rutin dan terpadu sejak beberapa tahun yang lalu dengan terjun langsung ke 624 posyandu se Kota Yogyakarta. Kegiatan tersebutbertujuan untuk melakukan monitoring, pembinaan dan evaluasi secara langsung dan intensif terhadap pelaksanaan kinerja posyandu di wilayah, paparnya.

 

Pada 2009 tercatat data 65,22% posyandu telah melaksanakan administrasi wajib posyandu. Tingkat perkembangan posyandu sampai tahun 2009, ada 2 posyandu di tingkat pratama, 28 posyandu di tingkat madya, 222 posyandu di tingkat purnama dan 181 menjadi posyandu di tingkat mandiri. Kelurahan Wirogunan yang saat ini terpilih mewakili Kota Yogyakarta untuk maju dalam Penilaian Posyandu Tingkat Nasional, meliputi 24 RW dan 76 RT yang tergabung di wilayah seluas 8,5 ha. Mempunyai 24 posyandu dengan strata 15 posyandu strata purnama dan 9 posyandu strata mandiri serta terdapat 752 kader kesehatan. Di Kelurahan Wirogunan telah dilaksanakan Program Posyandu Terintegrasi, seperti kegiatan PAUD, BKB dan Lansia.

 

Wakil Walikota Haryadi Suyuti menyatakan kebanggannya dengan prestasi yang diraih kelurahan Wirogunan. “Kelurahan Wirogunan telah menunjukkan prestasi yang membanggakan. Semua tak lepas dari peran masyarakat yang cukup tinggi,” ujarnya. (ism)

Prestasi Kelurahan Wirogunan dalam pembangunan dan pelayanan kesehatan
antara lain :
1. Prestasi tingkat Kota Yogyakarta 2009
• Juara I Kelurahan siaga
• Juara I UPGK (Upaya Perbaikan Gizi Keluarga)
• Juara I GSI (Gerakan Sayang Ibu)
• Juara I TOGA (Tanaman Obat Keluarga)
• Juara I PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)
• Juara I Pelaksana Administrasi Buku Pintar Posyandu

2. Prestasi tingkat Propinsi DIY 2009
• Terbaik I Kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB Kes tahun 2009
• Terbaik I Pengelola Posyandu
• Terbaik I Pengelola PHBS dalam Rumah Tangga
• Terbaik 2 Lingkungan Bersih dan Sehat