WALIKOTA  RESMIKAN PASAR MINGGU TAHUNAN

Walikota Yogyakarta H. Herry Zudianto Minggu pagi, (23/05) meresmikan Pasar Minggu di Kelurahan Tahunan Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Selanjutnya pasar yang oleh warga disebut Pasar Minggu Tahunan dan digelar di sepanjang jalan area Taman Makam Pahlawan Kusumanegara  ini akan beroperasi pada setiap hari Minggu sepanjang tahun.

Sejak  pukul 05.00 warga telah menggelar dagangan mereka sepanjang jalan sisi barat TMP Kusumanegara. Makanan tradisonal dan jajanan pasar hadir di sana.  Ada tahu dan tempe  bacem,  apem, nogosari, mata kebo, klepon, kethil, kolak, lemper, arem-arem dan aneka makanan kecil lainya. Di sudut lain, ada yang menjual nasi Gudeg, nasi goreng, nasi ayam goreng, soto, sate ayam dan banyak lainnya. Minuman ringan seperti es jamu, es dawet, es teh, teh, susu dan kopi panas tersedia pula di sana. Bagi warga yang menginginkan produk tas, busana, souvenir, dan peralatan rumah tangga juga bida didapatkan di Pasar Minggu Tahunan. Sekilas pasar ini seperti pasar tradisional yang sudah ada selama ini. Sementara itu di sisi selatan TMP. Ratusan warga dari anak-anak hingga Lansia  bersemangat melakukan senam bersama. Usai senam bersama  warga menuju pasar Minggu untuk berbelanja dan berekreasi di pasar Minggu Tahunan.

Pengurus Pasar Minggu Tahunan Drs. A. Suyudi  menjelaskan  kegiatan pasar Minggu  ini  bertujuan  memberikan sarana rekreasi alternatf yang menarik, murah dan dapta terjangkau bagi seluruh lapisan msyarakat. Selain itu Pasar Minggu Tahunan ini juga diharapkan memberdayakan potensi ekonomi yang dimiliki dan berkembang di  lingkungan warga serta sebagai wahana olahraga bersama khususnya olahraga senam  sebagai usaha untuk menyehatkan masyarakat.  Suyudi menambahkan konsep yang ditawarkan di pasar Minggu Tahunan ini adalah memadukan kegiatan ekonomi dan olahraga. " Kegiatan pasar nantinya tidak hanya kegiatan ekonomi saja tetapi juga dipagukan dengan kegiatan olahraga, seni budaya" ujar Suyudi.

Suyudi berharap Pasar Minggu Tahunan  yang dibuka  dari pukul 05.30 hingga 12.00 ini  mampu menjadi sarana menuju kerukunan dan kesejahteraan warga masyarakat di kelurahan Tahunan  Umbulharjo dan Kota Yogyakarta  pada umumnya. Juga memberikan lapangan kerja dan penghasilan bagi warga Tahunan. Karena menurutnya semua produk yang dipasarkan di Pasar Minggu ini merupakan hasil karya warga sendiri. Menyinggung tentang harga dan kualitas dagangan, Suyudi menjamin semuanya bersaing dan bahkan harganya lebih rendah dari  tempat lain. Ditambahkan, para pedagang yang mengisi tempat  kegiatan ini sejumlah 135 pedagang terdiri dari kelompok kuliner dan non kuliner.

Sementara itu, Walikota Yogyakarta, H. Herry Zudianto menyambut baik dan memberikan apresiasi  atas dibukanya pasar Minggu di kelurahan Tahunan ini. Walikota berharap Pasar Minggu Tahunan  yang memadukan kegiatan ekonomi dan olahraga ini dapat memberi  manfaat  perekonomian dan kesehatan bagi warga kota Yogyakarta dan Tahunan khususnya. `Saya  senang dan menyambut baik,  mudah-mudahan Pasar Minggu Tahunan ini memberi kita kesehatan, baik kesehatan jasmani juga kesehatan ekonomi,` ujar  Walikota.

Persemian Pasar Minggu Tahunan Umbulharjo ditandai dengan pemukulan drumb oleh Walikota dan Komandan KODIM 0734, Kol. Inf. Anwar Arudji disaksikan  Drs. H. GBH Yudhaningrat, Pejabat Pemerintah Propinsi DIY, Kepala STTP Yogyakarta, Rektor UST. Yogyakarta, Pejabat terkait Pemkot Yogyakarta, Ketua TP. PKK Kota Yogyakarta Hj. Dyah Suminar, Muspika  Kecamatan Umbulharjo, Camat Umbulharjo, Pengurus  LPMK, BKM, PKK,  sekecamatan Umbulharjo, para lurah, para ketua RW dan RT serta tamu undangan dan warga masyarakat. (@mix)