MENCINTAI MUSEUM MENUJU GENERASI BERKUALITAS

Kota Yogyakarta dengan luas yang hanya 32,5 km2 memiliki potensi museum yang cukup besar. Ada 15 museum yang berdiri di kota budaya ini, jumlah yang cukup fantastik dengan angka 5% dari 275 museum yang ada di Indonesia. Tak ayal kalau nanti Jogja akan menjadi Kota Museum.

Bersamaan dengan Hari Museum Internasional yang jatih pada 18 Mei ini sebanyak 30 pelajar SMP dan SMA di Kota Yogyakarta menikuti pembekalan untuk mengenal lebih dekat tentang museum di Balaikota, Selasa. Melalui program Friends of Museum yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta para pelajar diajak untuk mencintai museum sebagai sarana transformasi nilai, ilmu pengetahuan dan informasi. Selain pembekalan secara klasikal para pelajar ini juga diajak mengunjungi Museum Biologi, Gedung Agung, dan Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama.

“Friends of Museum adalah gerakan moral yang digagas oleh Pemerintah Kota Yogyakarta untuk menghimpun siapa saja yang memiliki keperdulian terhadap museum,” jelas Yulia Rustiyaningsih Kadinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta.

“Kota Yogyakarta sebagai kota pelajar, kota wisata dan kota budaya memiliki ingatan-ingatan kolektif tentang kejayaannya di masa lampau yang terekam di museum. Friends of Museum dibentuk untuk memberikan wadah bagi generasi muda Jogja dan masyarakat umum bersama Pemkot Yogyakarta mewujudkan impian Jogja sebagai Kota Museum,” papar Yulia. Friends of Museum menurut rencana akan dilaunching pada juni mendatang. (ism)

Jika ingin tahu lebih banyak tentang Friends of Museum atau ingin bergabung, bisa dapatkan info di : • Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta, Jl. Suroto 11 Kotabaru Yogyakarta, Telp./Fax. 0274-588025, Email : pariwisata@jogjakota.go.id