WALIKOTA SENAM BERSAMA LANSIA  DI PASTHY

Walikota Yogyakarta H. Herry Zudianto dan Kapoltabes Yogyakarta Kombes Pol Akhmad Dofiri , Minggu pagi (09/05) bersama para lanjut usia ( Lansia ) melakukan senam bersama di  Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTHY) Dongkelan Mantrijeron Yogyakarta.

Kegiatan senam yang diselenggarakan  Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonsesia (FORMI) Yogyakarta ini  diikuti sekitar 500 orang  lansia  dan masyarakat yang tergabung dalam  komunitas senam Yogyakarta selatan. Mereka melakukan beberapa senam diantaranya  senam lansia, senam tradisional seperti poco-poco, dan senam pencak silat rekreasi.

Ny. Hj. Nurjanah ketua komunitas Senam LansiaYogyakarta Selatan  mengatakan kegiatan senam lansia yang dihadiri bersama Walikota dan Kapoltabes Yogyakarta ini untuk menyambut perpindahan pasar burung Ngasem ke lokasi Pasar Satwa dan Tanaman Hias (PASTHY).

Dikatakan, sebenarnya kegiatan senam lansia di setiap Minggu pagi di kompleks PASTHY telah dilakukan sejak lama. “Para lansia yang tergabung dalam komunitas senam Jogja selatan, sudah sekitar 3 tahun mengadakan senam di area PASTHY yang dulu dikenal BAJ (Bursa Agro Jogja) ini Namun kali ini bertepatan dengan perpindahan pedagang burung dari Ngasem ke PASTHY kami buat acara senam yang lebih khusus dan dihadiri Bapak Walikota dan ada doorprizenya (hadiah hiburan),”ujar Ibu yang telah berusia lebih dari 70 tahun ini.

Ny. Nurjanah berharap ada dukungan dari masyarakat dan pemerintah  agar kegiatan senam ini terus terselenggara. Menurutnya banyak manfaat yang didapatkan  dari kegiatan senam ini  antara lain  para lansia bisa terus bugar, sehat, tidak bergantung kepada orang lain dan bisa bersilaturahmi dengan sesama lansia. Selain itu, para lansia ingin menyongsong dan menyukseskan Yogyakarta Sehat  2010.

Sementara itu, Walikota Yogyakarta yang juga menjabat sebagai ketua FORMI Kota Yogyakarta mengajak seluruh warga masyarakat Yogyakarta untuk melakukan olahraga minimal melakukan  senam . Karena dengan melakukan olaraga yang rutin akan membawa dampak yang positif bagi diri dan juga lingkungannya. “Apabila seseorang melakukan olahraga dengan teratur maka akan mendapatkan fisik yang segar sehingga akan melakukan aktifitas lainnya terasa segar dan fit pula. Untuk itu lakukan olahraga secara rutin menurut kemampuannya,” ujar Walikota.Acara senam bersama ini diakhiri dengan pembagian doorprize berupa sepeda  satu diantaranya pemberian  Herry Zudianto.

Sementara itu usai senam bersama, Walikota, Kapoltabes Yogyakarta didampingi Camat Mantrijeron dan Muspika serta Kepala SKPD terkait dilingkungan PEMKOT meninjau  kompleks PASTHY. Terlihat PASTHY yang baru dibuka beberapa minggu lalu  itu banyak dikunjungi warga masyarakat. Lokasi parkir yang disediakan penuh dengan kendaraan roda dua dan beberapa kendaran roda empat.(@mix)