SERATUS PENDONOR DARAH TERIMA PENGHARGAAN

Keberadaan PMI sekiranya terus akan berkembang, seirama dengan kebutuhan masyarakat untuk mengatasi kebutuhan darah. Demikian juga para pendonor darah hendaknya dapat sebagai teladan bagi warga masyarakat untuk menyumbangkan darahnya untuk kehidupan sesama yang membutuhkan, sebab setetes darah yang disumbangkan merupakan kehidupan mereka yang membutuhkan, hal ini dikatakan Walikota Yogyakarta, Herry Zudianto dalam acara pemberian penghargaan kepada pendonordarah, di Pendopo Balaikota Yogyakarta, Sabtu malam (08/05). Dikatakan,selain perbuatan yang mulia, donor darah juga membuat badan semakin sehat, karena sirkulasi darah semakinlancar, dan darah selalu baru. Pendonor darah tidak hanya sehat secara lahiriyah namun sehat
secara batiniyah.

Sementara itu menurut Prof. Dr.dr. KRT Adi Heru Husodo,MSC,DCN,DLS,HTM,PKK dalam sambutannya mengatakan, didalam palangmerah kegiatan kemanusiaan dapat dilakukan, saling tolong menolong, meringankan bebaban sesama, diantaranya dengan memberikan darahnya. Ditambahkan, dengan banyaknya pendonor darah pihaknya berharap dapat memenuhi pasokan darah yang dibutuhkan. Kebutuhan darah yang diperlukan sangat banyak, tiap bulannya dibutuhkan antara 7 ribu-8 ribu kantong darah, akan tetapi kebutuhan darah tersebut baru terpenuhi antara 4 ribu sampai 5 ribu kantong darah. “ Bertepatan dengan hari donor darah sedunia yang jatuh pada tanggal 08 Mei ini kami dari palang merah Indonesia cabang Kota Yogyakarta memberikan penghargaan kepada para pendonor darah aktif,” katanya.

Kedepan kiranya PMI berkiprah lebih banyak lagi bagaimana caranya agar tugas-tugas yang dibebankan dapat dilaksanakan, karena tugas PMI sangat banyak. PMI bergerak bukan hanya bila ada bencana, perang, akan tetapi PMI bergerak pada masa damai, masa tenang, diantaranya melatih kesiap siagaan, melatih anak-anak disekolah. Adi Heru Husodo berharap, dengan kegiatan ini sekiranya dapat lebih menyadarkan masyarakat untuk mendonorkan darahnya untuk sesama.

Pemberian penghargaan tersebut dibagi beberapa kriteria, kriteria pertama bagi pendonor 25 kali donor, sebanyak 64 pendonor, mendapatkan piagam dan plakat penghargaan donor darah. 50 kali mendonorkan darahnya mendapatkan piagam, serta plakat penghargaan donor darah. Penghargaan berupa piagam, Plakat, dan cincin penghargaan donor darah, diberikan mereka yang telah mendonorkan darahnya sebanyak 75 kali donor darah, berjumlah 15 pendonor. Berjumlah 7 orang pendonor yang telah menyumbangkan darahnya sebanyak 100 kali, mendapatkan penghargaan berupa piagam, Plakat, dan cincin penghargaan donor darah.