JAMBORE PIK-R

Harganas yang jatuh dan diperingati setiap tanggal 29 juni diharapkan dapat menjadi momentum setiap keluarga di Yogyakarta untuk dapat lebih meningkatkan fungsi keluarga, karena keluarga adalah pintu pertama dan utama dalam mempersiapkan SDM.

Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional Pemerintah Yogyakarta Melalui Kantor Keluarga Berencana mengadakan berbagai macam kegiatan diantaranya, lomba pelaksanaan program Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera yang meliputi sepuluh (10) jenis lomba, antaralain, Bina Lingkungan Keluarga, Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R), Keluarga Harmonis, Kader Bina Keluarga (BKB), Kelompok Pengelola BKB, Kelompok Bina Keluarga Balita, Institusi Masyarakat Perkotaan, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), demikian dikatakan Kepala Kantor Keluarga Berencana Kota Yogyakarta, Dra. CH. Lucy Irawati di Ruang Kerjanya Selasa (04/05).

“Dari berbagai macam kegiatan, 9 kegiatan telah dilaksanakan perlombaanya, sedangkan lomba Koor Mars Keluarga Berencana akan kami laksanakan 19 Mei mendatang bertempat di Pendopo Rumah Dinas Walikota Yogyakarta, melompakan 20 kelompok paduan suara dari 14 Kecamatan. Sedangkan Jambore Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) akan dilaksanakan tanggal 7 - 9 Mei di Kaliurang,” katanya.

Ditambahkan Lucy, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan mengajarkan para remaja mempunyai semangat kemandirian, rasa percaya diri dan mampu berekreasi dan punya kualitas serta menyiapkan remaja menjalani kehidupan berkeluarga, guna mewujudkan kehidupan keluarga yang bahagia dan sejahtera.

Jambore PIK-R ini diikuti oleh 200 remaja se-kota Yogyakarta yang menjadi anggota/kelompok PIK-R di wilayah Kecamatan dan sekolah-sekolah. PIK-R adalah Pusat Informasi dan Konseling Remaja yang dikelola oleh remaja, dari remaja dan untuk remaja.

Acara Jambore akan diisi dengan Ceramah penyajian materi, Teknik konsultasi bagi konselor, Tumbuh kembang remaja dan masalah kesehatan reproduksi remaja, Menumbuhkan rasa percaya diri dan kemandirian remaja, menampilkan pembicara dr.Dicky M.Rizal dari RS Sardjito Yogyakarta, serta Genry Nuswantoro dari Imanuris Semarang.

Selain menampilkan acara yang sifatnya ceramah, kesempatan jambore tahun ini juga diwarnai dengan Senam aerobic, Outbond, serta berbagai macam Lomba, diantaranya, Lomba debat, Lomba penyuluhan, Lomba cerdas cermat,  Lomba poster. Serta ditutup Malam kreatifitas dan spontanitas.