MASYARAKAT UNTUK LEBIH AKTIF LAKUKAN K3

Bulan Keselamatan dan kesehatan kerja, atau yang lebih dikenal dengan bulan K3 kembali diperingati. Dinas Sosial Tenaga kerja dan trasmigrasi Kota Yogyakarta memperingati momentum penting tersebut di Hotel Garuda sayap selatan dengan melakukan upacara, yang dihadiri wakil dari beberapa perusahaan, berlangsung Selasa (27/01)

Bertindak di sebagai inspektur upacara Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Haryadi Suyuti. Dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota membacakan sambutan tertulis menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia, menurutnya, peringatan bulan K3 tahun ini hendaknya lebih meningkatkan peran aktif, dan bekerja lebih keras serta cerdas karena bertepatan dengan satu abad diterapkannya K3 secara legal dan formal dalam dunia usaha, serta bertepatan dengan diberlakukannya ASEAN Free Trade Area (AFTA).

Ditambahkan, pemerintah menghimbau kepada seluruh kepala daerah untuk melakukan upaya-upaya konkrit pelaksanaan K3 dalam mencegah dan mengurangi kecelakaan kerja, karena saat ini kasus kecelakaan kerja di Indonesia masih relatif tinggi bila dibandingkan dengan negara lain. Selain itu agar pelaksanaan K3 menjadi gerakan seluruh bangsa Indonesia Peringatan Hari K3 yang dilanjutkan dengan bulan K3 Nasional tahun ini menggambil tema pokok, “Gelorakan Gema Daya K3 Dalam Kehidupan Bermsayarakat” sangat tepat dan strategis dalam mendorong dunia usaha, dunia kerja dan masyarakat untuk berperan aktif memasyarakatkan K3.

Peringatan Bulan K3 yang jatuh pada tanggal 12 Januari tersebut, di Kota Yogyakarta diperingati dengan mengisi simulasi pencegahan kebakaran. Simulasi ini memberikan bagaimana caranya menanggulangi kebakaran secara dini, baik pemadaman secara tradisional, dengan memakai peralatan sederhana, sampai pemadaman cara modern, menggunakan alat pemadam kimia.