WALIKOTA AWARD 2009

Walikota Yogyakarta memberikan penghargaan khusus kepada media dan insan pers serta masyarakat yang mempunyai pertisipasi aktif terhadap pembangunan Kota Yogyakarta 2009. Sebagai wujud apresiasi Pemkot Yogyakarta terhadap keterlibatan mereka, digelar Penyerahan Penghargaan berupa Walikota Award di Ruang Utama Atas Balaikota, Selasa (29/12).

Walikota Yogyakarta Herry Zudianto mengatakan, Media mempunyai peran yang sangat penting sebagai pilar demokrasi. Melalui media hak dan kwajiban masyarakat dapat terpantau dengan seimbang. Media mampu menjadi jembatan yang menghubungkan antara masyarakat di satu pihak dengan pemerintah di pihak lain maupun antar masyarakat.

`Saya paling takut bila tidak ada masukan atau kritik untuk saya, sehingga saya tidak bisa merespon balik. Dengan informasi itulah saya bisa memahami semua. Jasa media selama ini bisa menjadi kompas dan rambu-rambu untuk bisa saling merespon. Media mampu memberi solusi bagi pendapat yang belum sama, disitulah peran media yang menjadi penyeimbang dengan akses yang bagus. Itulah yang saya harapkan`, ujar Walikota.

Herry juga menegaskan bahwa berita yang baik adalah berita yang benar yang didasarkan investigasi dan konfirmasi yang benar. `Bagi saya truth news good news, dan better news adalah solusi news`, tegasnya.

Ditambahkan Herry, Saya sampaikan cinta kasih saya untuk semua media. Kalau saya sebagai pelayan masyarakat dianggap berhasil menjalankan tugas, semua itu karena peran media yang cukup besar. Terimakasih kepada semua rekan media sebagai pengawal Pemkot Yogyakarta untuk menuju pemerintahan yang baik, transparan dan responsif.

Berhasil terpilih sebagai pemenang Walikota Award 2009 kategori media cetak, Harian Kedaulatan rakyat sebagai pemuat berita terbanyak dan pemuat tulisan tajuk rencana terbaik tentang Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan yang Berkualitas. Harian Kompas pemuat foto terbaik, Harian Jogja sebagai pemuat feature terbaik.

Kategori media elektronik radio keluar sebagai pemenang, Radio Global sebagai pemuat berita terbaik, Radio Anak sebagai pemuat feature terbaik, Retjo Buntung FM sebagai pemuat ILM terbaik, dan Sdr Lina Puspita sebagai reporter terbanyak menyiarkan berita, serta Bp Hajid Safei sebagai pendengar teraktif Walikota Menyapa. Kategori media elektronik Televisi keluar sebagai pemenang adalah Jogja TV sebagai penyaji berita terbaik, RB TV sebagai penyaji feature terbaik dan ILM terbaik.

Menurut laporan yang disampaikan Kabag Humas Dan Informasi Herman Edy Sulistiyo, Penganugerahan Walikota Award ini diberikan sebagai wujud Apresiasi Pemerintah Kota Yogyakarta kepada media massa yang turut mendukung dan menyebarluaskan informasi maupun kebijakan dari Pemerintah Kota Yogyakarta kepada masyarakat. Disamping itu secara nyata media massa memiliki kepedulian dan partisipasi serta kontribusinya terkait dengan upaya Pemerintah Kota Yogyakarta dalam mewujudkan program-progamnya sesuai dengan tematik pembangunan, tahun 2009 : Terwujudnya Kota Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan Berkualitas dengan Dukungan Sumber Daya Manusia yang Profesional. (isma)