KELURAHAN WIROGUNAN JOGJA MAJU TINGKAT PROPINSI HKG KB-Kes 2009

Kelurahan Wirogunan Maju ke tingkat Propinsi DIY dalam Evaluasi Kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB-Kes tahun 2009. Sebelumnya Kelurahan Wirogunan terpilih sebagai lokasi KB-Kes terbaik tingkat Kota Yogyakarta.. Tim Evaluasi yang dipimpin oleh Ibu dr. Hj Siswatiningsih, SU melakukan kunjungan penilaian ke Kelurahan Wirogunan Senin (7/12) diterima oleh Walikota Yogyakarta Herry Zudianto dan Ibu Ketua TP PKK Kota Yogyakarta Dyah Suminar, beserta jajaran muspika setempat serta warga masyarakat.
 
“Gerakan PKK saat ini masih perlu ditingkatkan perannya agar lebih dapat memberdayakan keluarga dalam program Keluarga Berencana dan pembangunan kesehatan nasional sebagai wawasan untuk membangun keluarga kecil yang sehat dan berkualitas,” demikian dikatakan Siswatiningsih dalam sambutannya.
 
“Kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB Kes ini lebih diperluas dengan mengevaluasi juga kegiatan Posyandu, kegiatan lingkungan bersih dan sehat dan kegiatan PHBS di tataran rumah tangga dari tingkat kabupaten/kota. Dengan tujuan meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan kerjasama lintas sector dalam pelaksanaan kegiatan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan,” paparnya.
 
Walikota Yogyakarta Herry Zudianto mengatakan, Banyak program PKK yang telah dilakukan dan berhasil memberi kemajuan bagi kaum perempuan. Pemberdayaan perempuan dan kesetaraan
gender sangat dibutuhkan untuk dapat menggali potensi perempuan yang masih belum maksimal. “Kalau diberi kesempatan, dorongan dan stimulant, potensi perempuan tak kalah dengan pria, jangan merasa perempuan selalu lebih lemah daripada pria,” ujar Walikota.
 
Menurut Walikota, saat ini ada dua program unggulan  terbaru dari PKK Kota Yogyakarta yang patut diapresiasi. Salah satunya adalah Rumah Pemulihan Gizi yang diharapkan akan mampu memberi pemahaman yang lebih baik tentang gizi balita. Gerakan ini luar biasa bagus dan pada akhirnya nanti akan sangat berkaitan dengan pendidikan yang baik bagi anak sekolah.  Yang kedua adalah Tempat
Penitipan Anak di lingkungan Pemkot Yogyakarta. Saya harap TPA ini bisa menjadi jawaban bagi ibu bekerja yang mempunyai anak balita. Ibu bisa bekerja lebih produktif dan tenang meninggalkan anak balitanya di TPA.