WAHANA KREATIFITAS & EKSPRESI PADA GEBYAR PAUD KEC UH

Keceriaan anak-anak usia dini di Kecamatan Umbulharjo ditumpahkan pada acara Gebyar PAUD tingkat Kecamatan Umbulharjo, Sabtu, (5/12). Bertempat di Pendopo Kecamatan Umbulharjo sekitar 600 anak PAUD mengikuti berbagai kegiatan kreatif untuk merangsang kecerdasaan anak sehingga berkembang secara optimal. Acara dibuka oleh Camat Umbulharjo Drs. Agus Winarto, dengan melibatkan sejumlah 88 SPS Paud se-Kecamatan Umbulharjo.

“Kegiatan Gebyar PAUD kali ini tampil beda daripada tahun-tahun sebelumnya. Pada Gebyar PAUD kali ini kita lebih mengutamakan pemberian Stimulasi kreatifitas dan ekspresi pada anak-anak dengan model bermain sentra,” ujar ketua Forum PAUD Kecamatan Umbulharjo, Siti Nurlaela, S.Pd.

Ratusan anak-anak PAUD tersebut tampak riang dan antusias mengikuti kegiatan bermain dan berkreasi di sentra. Di pojok sentra konstruksi anak bisa bermain balok, lego dan plastisin sehingga mereka dapat berkreasi dalam menciptakan berbagai bentuk dari bahan-bahan tersebut. Di sudut lain tersedia Sentra Bahan Alam, pada sentra ini anak akan bermain membuat apollo, berkreasi dengan stempel dari pelepah pisang dan menulis dengan kunyit. Beberapa anak juga terlihat asyik menikmati permainan microplay, ada yang sedang masak-masakan , dokter-dokteran, dan bercerita, di Sentra Bahasa atau Main Peran. Di Sentra Seni Kreatifitas beberapa anak berkonsentrasi untuk belajar meronce seperti membuat kalung, gelang dan lain-lain.

Kegiatan Gebyar PAUD ini bertujuan untuk memberikan wahana kreasi dan ekspressi pada anak usia dini selain itu juga memberikan gambaran kepada para pendidik yang ada di SPS RW untuk belajar tentang metode pembelajaran sentra secara sederhana

“Pada prinsipnya sentra-sentra yang ada di dalam acara Gebyar PAUD ini menjadikan anak aktif dalam berkreasi dan berekspresi” ujar Siti Nurlaela. Acara ini ditutup dengan pembagian puluhan doorprize dan hadiah menarik lainnya. Diharapkan dengan acara ini anak senang dan ayah dan ibupun senang. (ism)