Pelatihan Pendidik PAUD Kec Kraton

Bertempat di pendopo Kecamatan Kraton Yogyakarta, pada 1-3 Desember 2009 berlangsung pelatihan pengelola dan pendidik PAUD se-Kecamatan Kraton, diikuti 96 orang. Pembukaan dilakukan Ketua Forum PAUD Kota Yogyakarta Hj Tri Kirana Haryadi Suyuti didampingi Ketua PKK Kecamatan Kraton Ny Hesti. Materi disampaikan oleh Dra Kis Rahayu (Manajemen Pengelolaan PAUD), Ny Ida dan Ny Asnidar (Penyusunan Silabus PAUD).

Pada kesempatan itu, isteri Wakil Walikota Yogyakarta menyampaikan kebanggaannya terhadap anak-anak usia dini di kota Yogyakarta yang mulai belajar mandiri. Beliau berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut karena dapat meningkatkan mutu pendidikan anak-anak usia dini. “Saya mengajak seluruh pihak untuk terus mengembangkan PAUD yang sudah cukup popular di tengah masyarakat kota Yogyakarta ini,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa kegiatan PAUD ini diselenggarakan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani maupun rohani agar anak-anak pada usia emas (golden age) agar mendapatkan rangsangan pendidikan. “Sehingga memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut,” kata Hj Tri Kirana yang mengharapkan peran aktif dari semua pihak untuk mensukseskan pelaksanaan kegiatan ini dan program PAUD di masa yang akan datang.

Ketua Panitia Ny Endang Mulatsih dalam sambutannya mengatakan, perkembangan kependidikan PAUD harus diikuti dengan peningkatan kualitas pendidikan tenaga PAUD. “Sejauh ini tantangan untuk mencapai kualitas SDM belum memenuhi kompetensi sebagai pendidik PAUD,” kata Ny Endang Mulatsih sambil menambahkan bimbingan teknis pendidik PAUD, sosialisasi dan lomba pendidik PAUD sangat diperlukan.

Sementara itu, Ketua PKK Kecamatan Kraton mengatakan, walaupun PAUD bisa dilaksanakan di mana saja dan kapan saja bukan berarti dapat dilaksanakan asal-asalan. “Pendidik harus membekali diri agar berhasil menjalankan tugas. Sebab, mencerdaskan anak usia dini memang sangat penting,” katanya. Kegiatan akan diakhiri dengan Gebyar PAUD Kecamatan Kraton sekaligus puncak acara Hari Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan yang akan dilaksanakan di Sasono Hinggil Dwi Abad Alun-alun Selatan Yogyakarta besok pada Minggu (27/12) berupa workshop dan lomba untuk anak serta ibu-ibu PKK.