SMA BOPKRI I TERIMA SERTIFIKAT ISO 9001:2008

SMA BOPKRI I Yogyakarta menjadi sekolah swasta pertama di Yogyakarta yang berhak menerima Sertifikat ISO 9001:2008 sebagai tanda pengakuan management mutu di SMA Bopkri 1 Yogyakarta telah berjalan dengan baik. Sertifikat ISO 9001:2008 diserahkan oleh perwakilan Global Sertification, Yuniarso kepada Walikota Yogyakarta, H Herry Zudianto yang diteruskan kepada Kepala Sekolah SMA Bopkri I, Drs Priyanto di SMA Bopkri I Kotabaru, Rabu (2/12). Turut hadir dalam penyerahan sertifikat ISO 9001:2008 ini Ketua Komite Sekolah GBPH Prabukusomo, S.Psi, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Drs Syamsuri MM, Pengurus Yayasan Bopkri dan kepala-kepala sekolah dilingkungan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.

Walikota Yogyakarta, H Herry Zudianto dalam sambutannya mengatakan, bahwa penerimaan sertifikat ISO 9001;2008 ini janganlah menjadi tujuan akhir dari pengembangan mutu sekolah namun menjadi diharapkan cambuk baru untuk mencapai target mutu selanjutnya yang lebih tinggi. “Atas Pengakuan dari Global terhadap proses manjerial di SMA Bopkri I ini, janganlah merasa sudah sempurna, harapan saya penerimaan ini justru menjadi cambuk bagi yayasan, komite sekolah, pengajar dan seluruh siswa agar dengan pondasi ISO 9001:2008 ini akan terus meningkatkan diri dalam berbagai aspek manajerial yang lain.” Kata Herry Zudianto.

Ditambahkan, dengan penerimaan sertifikat ISO 9001:2008 ini SMA Bopkri dituntut untuk tidak hanya mempertahankan tapi justru meningkatkan kualitas dengan peningkatan target dan standart yang lebih baik lagi di waktu mendatang. “Dengan tanggungjawab peningkatan mutu manajerial ini saya yakin Bopkri I akan menjadi bagian terdepan dalam dunia pendidikan yang berkualitas di
Kota Yogyakarta, semoga ini bisa dilaksanakan dengan seluruh komitmen dari keluarga besar Bopkri I” kata Herry Zudianto.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Bopkri I, Drs Priyanto menjelaskan, dalam membangun sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2008 ini pihaknya menjalani empat fase yakni fase pembangunan sistem, fase implementasi, fase sertifikasi dimana berdasarkan penilaian dari Global Sertification dinyatakan berhak mendapatkan sertifikat Qualiti Manjemen System ISO 9001:2008 dan fase pemeliharaan sistem guna memastikan bahwa sistem manajemen mutu di SMA Bopkri I berjalan dengan baik melalui internal audit, survey pelanggan dan manajemen review. “ jadi sistem penilaian manajemen mutu berstandar ISO 9001:2008 ini berkelanjutan, tidak hanya sekali saja” kata Drs Priyanto.

Sedangkan perwakilan Global Sertification, Yuniarso menjelaskan ISO 9001:2008 ini merupakan sertifkasi versi terbaru untuk pengelolaan manejemen yang berstandar internasional, dan diharapkan lembaga yang menerima dapat melaksanakan peningkatan kualitas secara berkelanjutan. “jadi siapapun lembaga yang memiliki sertifikat ISO 9001:2008 akan mengenal peningkatan kualitas yang berkelanjutan, diharapkan selain pada saat disertifikasi mereka kualitasnya bagus, secara berkesinambungan kualitasnya juga akan lebih meningkat ” kata Yuniarso.