CALON DUBES SWISS KUNJUNGI WALIKOTA

Calon Duta Besar Luar Biasa untuk Negara Konfederasi Swiss, Drs Djoko Susilo, MA mengadakan audiensi dengan Walikota Yogyakarta, diterima langsung oleh H. Herry Zudianto di Ruang Kerjanya, Selasa, (1/12). Dalam kunjunganya ini, Drs Djoko Susilo yang akan dilantik menjadi Dubes Swiss pada Januari nanti mengatakan, kultur masyarakat Swiss merupakan masyarakat yang gemar berwisata ke luar negeri dan ini menjadi satu peluang yang bisa ditangkap untuk dijaring berkunjung ke Indonesia. Lebih khusus lagi ke Jogjakarta. “Penduduk Swiss hanya sekitar 4-5 juta saja namun minat melancongnya sangat tinggi, ini bisa menjadi peluang dalam dunia pariwisata di Indonesia, termasuk agar berkunjung ke Jogjakarta” kata Joko Susilo.

Ditambahkan untuk mendukung promosi pariwisata Indonesia di Eropa dan Swiss khususnya, pihaknya mengusulkan dapat terjadinya satu kerjasama dengan lembaga-lembaga yang ada di Swiss dengan insan pariwisata di Jogja bahkan dunia pendidikan pariwisata dan industri kerajinan pendukung pariwisata tersebut. “Jogja layak untuk dipromosikan, kami akan coba fasilitasi untuk terjadinya kerjasama denga lembaga-lembaga di Swiss dan fasilitasi untuk mengadakan pameran promosi pariwisata dan perdagangan di sana” Kata Joko Susilo.

Walikota Yogyakarta, H Herry Zudianto menyambut baik prakarsa dari Drs Joko Susilo ini dan pihak Pemkot Yogyakarta mengharapkan terjadinya kerjasama dalam bentuk Sister City dan Sister School serta mengadakan pameran pariwisata dan perdagangan di Eropa karena pariwisata merupakan visi kedepan dalam pembangunan di Kota Yogyakarta. “Jogja kedepan adalah Pariwisata, Kebetulan sampai saat ini kerjasama dengan kota-kota di Eropa belum dilaksanakan, dengan kunjungan Dubes Swiss ini diharapkan nantinya dapat terjalin kerjasama dengan kota-kota di Swiss dalam bentuk sister city dan kerjasama antar sekolah dalam bentuk sister school demi kemajuan pariwisata dan pendidikan pariwisata di Jogjakarta.” Kata Herry Zudianto.

Dalam kesempatan audiensi ini, Duta Besar Swiss, Drs Joko Susilo juga berkesampatan mengunjungi dan melihat langsung Hotel Edotel sebagai hotel yang sekaligus menjadi tempat belajar para siswa, dan proses belajar mengajar di SMK 6 yang merupakan sekolah kejuruan guna mempersiapkan tenaga trampil siap kerja dalam bidang perhotelan, tata boga, tata rias dan kecantikan dan tata busana.