KOTA JOGJA JALIN KOTA KEMBAR

Kota Yogyakarta menjalin kerjasama Kota Kembar dengan Distrik Commewijne Republik Suriname. Kerjasama dilakukan untuk membangun kerjasama bagi pengembangan hubungan Kota Kembar pada bidang kebudayaan, pariwisata, pendidikan, pertanian, kesehatan dan bidang-bidang lain yang disepakati. Kerjasama ini dilakukan untuk menjalin hubungan yang serasi dengan saling mengakui pentingnya azas-azas persamaan dan saling menguntungkan, yang dihasilkan dari kerjasama kedua belah pihak.

Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Walikota yogyakarta H.Herry Zudianto dan Direktur Kementrian Pembangunan Daerah Republik Suriname Ivonne Meulenhof di Ruang Utama Bawah Balaikota, Rabu (11/11). Hadir pada penandatanganan tersebut Duta besar Republik Suriname, Ny Angelic Alihusain-del Castilho, Komisioner Distrik Commewijne Humphrey Soekimo, beserta rombongan. Turut melakukan penyambutan Wawali Haryadi Suyuti, Ketua DPRD Kota Yogyakarta Henry Kuncoroyekti, dan para pejabat Pemkot Yogyakarta.

Walikota Yogyakarta H.Herry Zudianto mengatakan, Setelah beratus-ratus tahun akhirnya bisa memperoleh kesempatan menjalin kerjasama untuk menyatukan persaudaraan. Indonesia dan Suriname telah menjalin hubungan sejak lama yang perlu dieratkan kembali. Pemkot Yogyakarta memandang penandatanganan surat kerjasama pembentukan kota kembar ini bukan hanya acara seremonial bagi kedua kota saja. Tetapi sebagai suatu kesempatan yang bernilai untuk meningkatkan pemahaman yang lebih baik mengenai kapasitas masing-masing melalui pertukaran yang mebuahkan hasil seperti pada bidang budaya, pariwisata, pengetahuan, pertanian, kesehatan dan bidang lainnya.

“Saya dengan tulus menawarkan semua potensi kapasitas, pengalaman, sumber daya, dan pengetahuan kepada Distrik Commewijne sebagai goodwill dari Kota Yogyakarta dan dengan harapan yang setinggi-tingginya melalui kunjungan anda ke kota kami, Yogyakarta, bisa memberikan perspektif baru bagi kedua kota untuk membangun kemitraan dan pemahaman yang lebih baik antara satu sama lain dengan memperkuat kerjasama Kota Kembar,” tutur Herry. (ism)