WALIKOTA BACA PUISI, WAKIL WALIKOTA BERI PENYULUHAN NARKOBA

“Asa pemuda adalah gambar masa depan…
Hati pemuda adalah gerak roda keyakinan masa depan…
Darah pemuda adalah aliran semangat gerak ke depan…
Tulang putih pemuda adalah landas kokoh keperkasaan menghadapi tantangan ke depan…
Masa mencatat masa lalu pemuda Indonesia   memberi magna  bagi lahirnya  Indonesia…
Masa kini akankah  masa kembali mencatat bahwa pemuda Indonesia  memberi magna pula bagi Indonesia ke depan ?..”

Demikian  sepenggal puisi Walikota Yogyakarta, H. Herry Zudianto, yang dibacakan  sendiri di depan ratusan warga kampung Taman Sari kelurahan Patehan  kecamatan Kraton Yogyakarta, Selasa (10/11)  malam.  Puisi yang berjudul Magna Pemuda ini dibacakan dalam rangka peringatan hari Sumpah Pemuda (28/10) dan  hari Pahlawan (11/11) yang digelar  para pemuda kampung wisata  Taman yang menamakan dirinya Balamuda Taman.

Walikota dalam puisinya mengajak  para pemuda Indonesia  untuk membuktikan keberadaanya dengan memberikan peran nyata dan bermagna bagi masyarakat  dengan   karya-karyanya. Walikota mengajak para pemuda untuk tidak hanya menjadi penonton perubahan seperti thermometer, tetapi menjadi seperti termostart yang mengatur  perubahan itu sendiri. Pemuda Indonesia juga diharapkan menjadi seperti sebuah obor yang mampu menerangi kehidupan bangsa, dan menjadi suar yang  mengilhami jiwa bangsa.  Walikota juga berharap pemuda bisa menjadi perekat yang menyatukan cita bangsa dan kanvas yang menorehkan keindahan kebinekaan Indonesia.

Sementara itu, Wakil Walikota Yogyakarta H. Haryadi Suyuti yang datangnya lebih awal dari Walikota mengajak  kaum muda Taman dan Yogyakarta serta Indonesia untuk menjauhi Narkoba. Haryadi mengatakan penyalahgunaan Narkoba akan berakibat fatal bagi penggunanya. “ Lambat laun, narkoba akan merusak jaringan otak bagi para pemakainya. Untuk itu saya menghimbau kepada rekan-rekanku kaum muda  jauhilah Narkoba. Dan jangan pernah mencoba narkoba” ajak Haryadi yang malam itu, berbicara  sebagai Ketua  Badan Narkotika Kota Yogyakarta.

Haryadi  menambahkan data Badan Narkoba Nasional terbaru  tahun 2009  menyebutkan di kalangan pelajar Indonesia  sampai dengan tahun 2007  tercatat 12. 848  orang pengguna narkoba masih berada pada tingkat Sekolah Dasar (SD). Kemudian 110.870  bersekolah di SMP dan SMA.  Sedangkan pada data nasional  sampai dengan tahun 2006-2007 dari 3,2 juta  penyalguna  narkoba di Indonesia, 1,1 juta  diantaranya adalah  pelajar dan mahasiswa  dimana 40 persen  adalah pelajar SMP,  35 persen siswa SMA dan 25 persen Mahasiswa.

Melihat data ini  Haryadi merasa prihatin karena sebagian besar penyalaguna narkoba masih berstatus siswa SD. Untuk itu Haryadi kembali mengajak seluruh warga Taman dan Yogyakarta umumnya  untuk bersama-sama memerangi narkoba dengan tidak menggunakan narkoba sampai kapanpun.

Sementara itu pula, Ketua panitia,  Hermanto Imam Sanyoto mengatakan untuk memeriahkan peringatan Hari Sumpa Pemuda dan hari Pahlawan  2009 pemuda yang tergabung dalam Balamuda Taman menggelar beberapa acara antara lain lomba  mancing, pertandingan badminton, dan lomba lukis dan menggambar  bagi siswa Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD). Puncak peringatan dimeriahkan dengan pestas seni yang bertema  “ Saund of Independent; Tanpa Narkoba Kita bangkitkan rasa nasionalisme pemuda untuk membangun Indonesia”. Acara ini juga bertujuan lebih mengenalkan objek wisata Taman Sari kepada anak-anak dan kepada warga masyarakat lainnya.

Dijelaskan  Hermanto untuk lomba gambar dan mewarnai  digelar di sekitar  kompleks Wisata Taman air. Tujuannya agar siswa lebih mengenal dari dekat dan mencintai objek wisata yang dimiliki kota Yogyakarta. Keluar sebagai juara I lomba mewarnai Revalina Salva  dari TK ABA Nitikan. Jura II dan III masing-masing Regina Nirbita dari TK Pangudi Luhur Yogyakarta dan Adhi Lanjar S TK ABA Mushola Kota gede. Sedangkan  juara I lomba menggambar kategori A tingkat SD diraih Anggiring Lakuning Suryo SDN Keputran V Yogyakarta dan juara II dan III diraih Nurlaila Puspitasari SD Mejing II Bantul, dan Aditya Rifa A SD Muhammadyah.  Kategori B tingkat SD, juara I diraih Afifah Hanina SD Bantul Timur, jura II dan II masing-masing Afnani R, dari SD Muhammadyah Sapen dan Kristiano Lista E SDN Tegalrejo III Yogyakarta.  Para jura mendapat piala dan throphy dari Walikota, Wakil walikota. (@mix)