Senin Pon, Seluruh Warga Kotagede Bersihkan Lingkungan

Seluruh Warga Kecamatan Kotagede sepakat melakukan reresik alias kerja bhakti membersihkan lingkungan setiap hari Senin Pon. Aktivitas ini digagas untuk mewujudkan Yogyakarta nyaman tanpa sampah.

Sekitar pukul 06.00 WIB, seluruh warga sudah berkumpul di beberapa areanya masing masing, salah satunya di lapangan karang. Mereka telah bersiap membawa peralatan kebersihan seperti sapu, dan berbagai macam alat kebersihan lainnya.

Dibantu oleh petugas dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogya mereka juga tak lupa membersihkan saluran air, gorong-gorong dan sampah disekitar lapangan. Tampak mobil pengangkut air menyemprotkan airnya ke rumput lapangan tersebut.

"Ayo sapu," sesekali terdengar suara salah seorang petugas melalui pengeras suara.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, Pemkot Yogyakarta sangat mengapresiasi inisiatif para warga Kecamatan Kotagede

"Kegiatan tersebut harus rutin dilakukan, kegiatan gotong royong membersihkan setap sudut Kotagede yang dilakukan setiap Senin Pon dapat dijalankan dengan lebih terarah dan teratur," katanya dilokasi, Senin (26/8/2019).

Menurutnya dengan kegiatan tersebut juga dapat membangun kesadaran masyarakat bahwa menjaga kebersihan juga berguna dalam berbagai hal. “Saat lingkungan bersih, suasana pun menjadi lebih nyaman.” tandasnya.

Selain itu, lanjutnya,  kegiatan ini juga untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat agar ikon Kotagede ini terus dijaga.

Ia berharap seluruh warga senantiasa menjaga komitmen yang ada terutama terhadap gerakan reresik tiap Senin Pon telah disepakati seluruh Warga.

"Harapannya, inisiatif menggiatkan Senin Pon juga diikuti oleh Kecamatan lain karena warga juga memiliki tanggung jawab untuk mewujudkan wilayahnya yang bersih, tertib dan nyaman," katanya. (Han)