Struktur Pemerintahan

Perangkat Daerah Kota Yogyakarta terdiri dari:

  1. Sekretariat daerah yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah dan bertanggung jawab kepada Walikota. Sekretariat Daerah membawahi:
    1. Asisten Kesejahteraan Rakyat yang membawahi:
      1. Bagian Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat; dan
      2. Bagian Hukum
    2. Asisten Perekonomian yang membawahi :
      1. Bagian Administrasi dan Pengendalian Pembangunan;
      2. Bagian Perekonomian Pengembangan Pendapatan Asli Daerah dan Kerjasama; dan
      3. Bagian Layanan Pengadaan
    3. Asisten Umum membawahi :
      1. Bagian Umum;
      2. Bagian Protokol; dan
        Bagian Organisasi.
  2. Staf Ahli Walikota beraad di bawah dan bertanggungjawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah. Staf Ahli terdiri dari :
    1. Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Rakyat;
    2. Staf Ahli Bidang Perekonomian; dan
    3. Staf Ahli Bidang Umum.
  3. Sekretariat DPRD dipimpin oleh Sekretaris DPRD yang dalam melaksanakan tugasnya secara teknis operasional berada di bawah dan bertanggungjawab kepada pimpinan DPRD dan secara administratif bertanggungjawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah.
  4. Inspektorat dipimpin oleh seorang Inspektur yang dalam melaksanakan tugasnya bertanggungjawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah.
  5. Dinas Daerah dipimpin oleh Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daeraha. Dinas Daerah meliputi:
    1. Dinas Pendidikan;
    2. Dinas Pemuda dan Olahraga;
    3. Dinas Kesehatan;
    4. Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman;
    5. Dinas Pertanahan dan Tata Ruang;
    6. Dinas Kebakaran;
    7. Satuan Polisi Pamong Praja;
    8. Dinas Sosial
    9. Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Perlindungan Anak;
    10. Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana;
    11. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil;
    12. Dinas Perindustrian dan Perdagangan;
    13. Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Tenaga Kerja dan Transmigrasi;
    14. Dinas Pertanian dan Pangan;
    15. Dinas Lingkungan Hidup;
    16. Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian;
    17. Dinas Perhubungan;
    18. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan;
    19. Dinas Kebudayaan;
    20. Dinas Pariwisata; dan
    21. Dinas Penanaman Modal dan Perizinan;

Pada Dinas Daerah dapat dibentuk Unit Pelaksana Teknis untuk melaksanakan sebagian kegiatan teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang tertentu Dinas Daerah induknya. Unit Pelaksana Teknis dipimpin oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas.

  1. Badan Daerah dipimpin oleh Kepala Badan yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah. Badan Daerah meliputi:
    1. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah;
    2. Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah; dan
    3. Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan.

Pada Badans Daerah dapat dibentuk Unit Pelaksana Teknis untuk melaksanakan sebagian kegiatan teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang tertentu Badan Daerah induknya. Unit Pelaksana Teknis dipimpin oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Badan.

  1. Lembaga Teknis Daerah meliputi:
    1. Rumah Sakit Umum Daerah, yaitu unsur pendukung tugas Walikota di bidang pelayanan kesehatan pada rumah sakit yang dipimpin oleh Direktur yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah;
    2. Badan Penanggulangan Bencana Daerah yaitu unsur pendukung tugas Walikota di bidang penyelenggaraan penanggulangan bencana yang dipimpin oleh seorang Kepala Badan yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah; dan
    3. Kantor Kesatuan Bangsa, yaitu unsur pendukung tugas Walikota di bidang penyelenggaraan penanggulangan bencana yang dipimpin oleh seorang Kepala Badan yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah
  2. Kecamatan/Kelurahan. Kecamatan merupakan unsure pelaksana Pemerintah Daerah di wilayah Kecamatan yang dipimpin oleh Camat yang bertanggung jawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah sementara Kelurahan merupakan perangkat Kecamatan yang dipimpin oleh lurah dan berkedudukan di bawah serta bertanggungjawab pada Camat. Kecamatan dan Kelurahan meliputi :
    1. Kecamatan Danurejan, mebawahi wilayah kerja:
      1. Kelurahan Bausasran;
      2. Kelurahan Suryatmajan; dan
      3. Kelurahan Tegalpanggung.
    2. Kecamatan Gedongtengen, membawahi wilayah kerja:
      1. Kelurahan Pringgokusuman; dan
      2. Kelurahan Sosromenduran
    3. Kecamatan Gondokusuman, membawahi wilayah kerja:
      1. Kelurahan Baciro;
      2. Kelurahan Demangan;
      3. Kelurahan Klitren;
      4. Kelurahan Kotabaru; dan
      5. Kelurahan Terban
    4. Kecamatan Gondomanan, membawahi wilayah kerja:
      1. Kelurahan Bumijo;
      2. Kelurahan Cokrodiningratan; dan
      3. Kelurahan Gowongan.
    5. Kecamatan Jetis, membawahi wilayah kerja:
      1. Kelurahan Bumijo;
      2. Kelurahan Cokrodiningratan; dan
      3. Kelurahan Gowongan.
    6. Kecamatan Kotagede, membawahi wilayah kerja:
      1. Kelurahan Prenggan;
      2. Kelurahan Purbayan, dan
      3. Kelurahan Rejowinangun.
    7. Kecamatan Kraton, membawahi wilayah kerja:
      1. Kelurahan Kadipaten;
      2. Kelurahan Panembahan; dan
      3. Kelurahan Patehan
    8. Kecamatan Mantrijeron, membawahi wilayah kerja:
      1. Kelurahan Gedongkiwo;
      2. Kelurahan Mantrijeron;
      3. Kelurahan Suryodiningratan.
    9. Kecamatan Mergangsan, membawahi wilayah kerja:
      1. Kelurahan Brontokusuman;
      2. Kelurahan Keparakan; dan
      3. Keluraahn Wirogunan
    10. Kecamatan Ngampilan, membawahi wilayah kerja:
      1. Kelurahan Ngampilan; dan
      2. Kelurahan Notoprajan.
    11. Kecamatan Pakualaman, membawahi wilayah kerja :
      1. Kelurahan Gunungketur; dan
      2. Kelurahan Purwokinanti
    12. Kecamatan Tegalrejo, membawahi wilayah kerja:
      1. Kelurahan Bener;
      2. Kelurahan Karangwaru;
      3. Kelurahan Kricak; dan
      4. Kelurahan Tegalrejo.
    13. Kecamatan Umbulharjo, membawahi wilayah kerja:
      1. Keluraahn Giwangan;
      2. Kelurahan Muja Muju;
      3. Kelurahan Pandeyan;
      4. Kelurahan Semaki;
      5. Kelurahan Sorosutan;
      6. Kelurahan Tahunan; dan
      7. Kelurahan Warungboto.
    14. Kecamatan Wirobrajan, membawahi wilayah kerja:
      1. Kelurahan Pakuncen;
      2. Kelurahan Patangpuluhan; dan
      3. Kelurahan Wirobrajan.